Bacaan Doa Tarawih dan Artinya, Memohon Berkah kepada Allah SWT

Usai sholat Tarawih, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa. Adapun bacaan doa Tarawih dan artinya yakni sebagai berikut.

Rifan Aditya Suara.Com
Sabtu, 18 Maret 2023 | 08:05 WIB
Bacaan Doa Tarawih dan Artinya, Memohon Berkah kepada Allah SWT
Ilustrasi orang sholat - bacaan doa Tarawih (Pexels)

Suara.com - Sholat Tarawih merupakan salah satu rangkaian ibadah di bulan Ramadhan yang hukumnya sunnah dilakukan umat Muslim. Usai sholat Tarawih, umat Muslim dianjurkan juga membaca doa. Adapun bacaan doa Tarawih yakni sebagai berikut.

Diketahui bahwa doa usai sholat tarawih disebut doa kamilin. Doa kamilin ini merupakan doa kebaikan yang berisi ungkapan-ungkapan rasa syukur dan permohonan agar Allah SWT memberikan keberkahan serta kekuatan iman. 

Sebagai seorang Muslim, membaca doa kamilin secara sungguh-sungguh menjadi salah satu bentuk ketakwaan kepada Allah SWT. Adapun doa Kamilin ini dibaca usai sholat Tarawih.

Lantas, bagaimana bunyi bacaan doa Tarawih atau doa kamilin? Untuk lebih jelasnya, imak berikut ini bacaan doanya yang dilansir dari berbagai sumber.

Bacaan Doa Tarawih atau Doa Kamilin

Allaahummaj'alnaa bil iimaani kaamiliin, wa lil faraa 'idimu'addiin, wa lis-salaati haafiziin, wa liz-zakaatii faa'iliin, wa limaa 'indaka taalibiin, wa li'afwika raajiin, wa bil hudaa mutamassikiin, wa 'anil lagwi mu'ridiin, wa fiddunyaa zaahidiin, wa fil aakhirati raagibiin, wa bil qadaa'i raadiin, wa lin-na 'maa'i syaakiriin, wa 'alal balaa'i saabiriin, wa tahta liwaa'i sayyidinaa Muhammadin sallallahu 'alaihi wa sallama yaumal qiyaamati saa'iriin, wa ilal-haudi waaridiin, wa ilal jannati daakhiliin, wa minannaari naajin, wa 'alaa sariiril karaamati qaa'idiin wa min huurin 'iinim mutazaw-wijiin, wa min sundusiw wa istabraqiw wa diibaajim mutalabbisiin, wa min ta'aamil jannati aakiliin, wa mil labaniw wa 'asalim musaffan syaaribiin, bi akwaabiw wa abaariiqa wa ka'sim mim ma'iin.

Ma'allaziina an'amta 'alaihim minan-nabiyyiina was-siddiiqiina wasy-syuhadaa'i was-saalihiinna wa hasuna ulaa'ika rafiiqaa, zaalikal-fadlu minallaahi wa kafaa billaahi 'aliimaa. 

Allaahummaj'alnaa fii lailati haazasy-syahrisy-syariifatil-mubaarakati minas-su'adaa'il-maqbuuliina wa laa taj'alnaa minal-asyqiyaa'il-marduudiin.

Wa sallallaahu 'alaa Muhammadiw wa 'alihii wa sahbihii ajmaa'in, bi rahmatika yaa arhamar-raahimiin, wal-hamdu lillaahi rabbil aalamiin.

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah kami berkat iman orang-orang yang sempurna, orang-orang yang mengerjakan hal-hal yang fardhu, orang-orang yang memelihara sholat, orang-orang yang menunaikan zakat, orang-orang yang mengharapkan pahala yang ada di sisi-Mu, orang-orang yang mengharapkan ampunan-Mu, orang-orang yang berpegang teguh kepada hidayah, orang-orang yang berpaling dari perbuatan yang sia-sia, orang-orang yang berzuhud terhadap duniawi, orang-orang yang mengharapkan pahala akhirat, orang-orang yang ridha dengan qada, orang-orang yang mensyukuri nikmat, orang-orang yang sabar menghadapi cobaan dan musibah, dan orang-orang yang berjalan di bawah panji Nabi Muhammad SAW, kelak di hari kiamat, orang-orang yang digiring munuju telaga untuk meminum airnya, orang-orang yang masuk kedalam surga, orang-orang yang diselamatkan dari neraka, orang-orang yang didudukkan di atas dipan-dipan kemuliaan, orang yang mengawini bidadari-bidadari yang bermata jeli, orang-orang yang mengenakan pakaian dari sutra tipis dan tebal, orang-orang yang memakan makanan surga, dan minum dari air susu dan madu dengan memakai gelas-gelas dan cerek-cerek serta sloki (piala) yang langsung dari sumber-sumbernya.

Yaitu dengan orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat kepada mereka dari kalangan para nabi, kaum siddiqin, para syuhada dan orang-orang yang salih, mereka adalah sebaik-baik teman, yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan cukuplah Allah Yang Maha Mengetahui. 

Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang berbahagia yang diterima amal perbuatannya dalam bulan yang mulia dan diberkati ini, dan janganlah Engkau jadikan kami orang-orang celaka yang ditolak amal perbuatannya.

Dan semoga Allah SWT melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Pengasih di antara pengasih, dan segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam."

Demikian informasi mengenai bacaan doa Tarawih atau doa kamilin yang perlu diketahui umat Muslim. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI