7 Menu Minuman Segar Khas Indonesia, Cocok untuk Buka Puasa

Selama seharian berpuasa tentunya dahaga begitu terasa kering. Apa saja pilihan minuman segar khas Indonesia yang cocok untuk dijadikan pelepas dahaga saat buka puasa?

M. Reza Sulaiman Suara.Com
Sabtu, 18 Maret 2023 | 17:05 WIB
7 Menu Minuman Segar Khas Indonesia, Cocok untuk Buka Puasa
Selendang Mayang (instagram/@agustin_angela)

Suara.com - Bulan puasa segera tiba, tinggal menghitung hari seluruh umat muslim akan menyambut bulan suci penuh keberkahan, Ramadhan. Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa setiap harinya. Mulai dari waktu subuh sampai magrib, kurang lebih selama 13 jam lamanya.

Selama seharian berpuasa tentunya dahaga begitu terasa kering. Nah, ternyata banyak pilihan minuman segar khas Indonesia yang cocok untuk dijadikan pelepas dahaga saat buka puasa nanti. Penasaran? Berikut ini 7 menu minuman segar khas Indonesia, disimak yuk!

1. Es Pisang Ijo

Minuman khas Makassar ini tentunya sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Makassar, minuman satu ini dapat dengan mudah ditemukan dan dibuat sendiri kok di rumah.

es pisang ijo (instagram/@101resepjajan)
es pisang ijo (instagram/@101resepjajan)

Es pisang ijo berbahan dasar pisang raja yang dibalut tepung terigu dan sagu. Kemudian disantap bersama sirup cocopandan, bubur sumsum dan tak lupa es serut.

2. Es Selendang Mayang

Menu minuman segar khas Betawi es selendang mayang juga akan cocok untuk melepas dahaga saat berbuka puasa nanti. Es selendang mayang berbahan dasar tepung hunkwe yang dibentuk menjadi adonan cantik warna warni.

Disajikan bersama saus gula merah, rebusan santan dengan daun pandan juga es tentunya menjadi kombinasi yang sangat nikmat untuk berbuka puasa.

3. Es Kacang Merah

Minuman khas Palembang dan Manado ini bisa menjadi alternatif lain untuk berbuka puasa nanti. Bedanya, es kacang merah dari Palembang ini disajikan dengan es serut yang disiram sirup merah. Sedangkan es kacang merah dari Manado disajikan bersama kental manis rasa cokelat atau vanila serta es serut.

Es Kacang Merah. Jempretan layar instagram es kacang 88
Es Kacang Merah. Jempretan layar instagram es kacang 88 (instagram)

4. Es Nona Pontianak

Minuman es khas Pontianak satu ini akan sangat nikmat dan segar untuk disajikan saat berbuka puasa. Es nona pontianak ini hampir mirip dengan es doger, bedanya ada tambahan potongan pepaya, tape dan kacang merah.

5. Es Oyen

Minuman segar selanjutnya yang bisa menjadi menu saat berbuka adalah es oyen khas kota kembang Bandung. Es oyen terdiri dari berbagai jenis buah yang dicampur bersama pacar cina juga es serut.

Es lidah buaya untuk menu berbuka puasa. (YouTube/Dapur Heni)
Es lidah buaya untuk menu berbuka puasa. (YouTube/Dapur Heni)

6. Es Lidah Buaya

Tidak hanya es nona, Pontianak juga masih memiliki minuma khas lainnya yakni es lidah buaya. Seperti namanya es ini berbahan dasar lidah buaya yang dicampurkan bersama biji selasih, perasan lemon dan es batu. Tentunya akan sangat menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa.

7. Es Timun Suri Segar

Tak sulit untuk mendapatkan buah satu ini sebab timun suri menjadi salah satu buah musiman saat bulan Ramadhan. Es timun suri menjadi salah satu minuman khas warga Jakarta saat bulan Ramadhan.

Rasanya yang segar akan sangat cocok untuk mengobati dahaga setelah seharian berpuasa. Serta mampu mengobati panas dalam, lho. (Shilvia Restu Dwicahyani)

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI