Ustaz Adi Hidayat: Memaafkan Kesalahan Orang Lain Bisa Berbalas Surga, Begini Penjelasannya

Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya menjelaskan terkait tawaran Allah kepada hambanya yang mau memaafkan kesalahan orang lain.

Hairul Alwan
Senin, 27 Maret 2023 | 14:17 WIB
Ustaz Adi Hidayat: Memaafkan Kesalahan Orang Lain Bisa Berbalas Surga, Begini Penjelasannya
Tangkapan layar Ustaz Adi Hidayat dari YouTube. [YouTube/Adi Hidayat Official]

SuaraBanten.id - Umat muslim kini tengah menjalani ibadah puasa pekan pertama di bulan Ramadhan 2023. Untuk menambah pengetahuan di bulan Ramadhan 2023 kali ini, SuaraBanten.id menyuguhkan artikel-artikel islami.

Seperti konten ceramah Ustaz Adi Hidayat soal balasan Allah bagi umat muslim yang memaafkan kesalahan orang lain yang membuat kecewa bahkan luka mendalam yang sulit dimaafkan.

Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya menjelaskan terkait tawaran Allah kepada hambanya yang mau memaafkan kesalahan orang lain.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @sugivgnce, Ustaz Adi Hidayat awalnya mendapat pertanyaan dari artis Chacha Frederica. Chacha menanyakan soal cara agar untuk ikhlas memaafkan kesalahan orang lain yang sulit dilupakan.

"Bagaimana ustaz apabila kita kan manusia biasa, kita punya rasa kecewa, punya rasa sakit hati yang kadang-kadang susah buat kita hapuskan gitu," tanya Chacha kepada Ustaz Adi Hidayat.

"Bagaimana supaya kita bisa menjadi orang yang ikhlas, bisa melupakan, bisa memaafkan karna kan kodratnya manusia pasti gampang lah buat sakit hati, marah dan sebagainya," kata Chacha.

Merespon pertanyaan tersebut, Ustaz Adi Hidayat pun menceritakan kisah masa lalu terkait tawaran Allah bagi orang yang mengikhlaskan perasaan yang dirasakan.

"Apa yang anda sampaikan kisahnya pernah terjadi di masa lalu sehingga Allah menawarkan satu tawaran spesial kalau dia bisa mengikhlaskan semua perasaan yang dirasakan," tutur Ustaz Adi Hidayat.

"Maka turunlah quran surat ke 3 Al Imran ayat 133-134, bergegaslah anda mengevaluasi diri meminta ampunan kepada rabbmu," imbuhnya.

Kata Ustadz Adi Hidayat, ada 3 golongan umat manusia yang ditawarkan surga seluas langit dan bumi oleh Allah SWT. Salah satu dari ketiga golongan itu yakni umat yang bisa memaafkan kesalahan orang lain.

"Dan memohonlah berharap bercita-cita mendapatkan anugerah surga seluas langit dan bumi. Komplek tinggal seseorang di dunia bisa luas tapi tidak ada yang seluas langit dan bumi, saya sediakan kata Allah khusus untuk orang taqwa tapi bukan taqwa biasa, spesial," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ia kemudian menyebut tiga golongan itu satu persatu yakni orang yang suka berinfaq, orang yang sanggup menahan amarah, serta orang yang memaafkan kesalahan orang lain.

"Siapa taqwa yang dimaksud, ayat 134 golongan pertama yang sedang infaq disaat punya bahkan tak punya pun masih pengen infak. Kedua, orang yang sanggup menahan marah," paparnya.

"Yang ketiga, orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain, jadi kalau anda ada tawaran, mau mempertahankan amarah di dalam jiwa atau menukarnya dengan surga seluas langit dan bumi maka jangan tunggu, hilangkan itu semua dan tidak ada faedahnya mempertahankan kemarahan di dalam jiwa," pungkas Ustaz Adi Hidayat.

Melihat unggahan video tersebut, netizen kemudian meninggalkan komentar beragam. Banyak yang mengaku mendapat jawaban atas hal yang selama ini menjadi pertanyaannya.

"memaafkan mungkin mudah, tapi untuk lupa akan hal yg pernah terjadi itu yg sangat sangat susah (emoji haru)," kata @1****er.

"Masya Allah ketemu juga jawabannya, pas banget situasinya, udah setahun rasa dendam ada di dlm hati, insya Allah sya ikhlas ya Allah memaafkan mereka," timpal @si****95.

"Masyaallah susah banget (emoji haru) untuk menghampus dendam dan benci ketika kita mendapatkan demdam dan kecewa berkali oleh keluarga sendiri (emoji haru)," kata akun ****.

"salfok ustad adi nundukin pandangan bgt pas ka caca bertanya (emoji haru)," cuit @L***i.

"mau mempertahankan amarah di dalam jiwa atau menukarnya dengan surga seluas langit dan bumi" (emoji haru)," ungkap @f***s.

Kontributor : Mira puspito

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini