Jadwal Imsakiyah Jakarta 29 Maret 2023, Mau Sahur Jam Berapa? Cek Waktu dan Doa-doanya

Berikut adalah jadwal imsakiyah Jakarta Rabu, 29 Maret 2023 atau 7 Ramadhan 1444 H beserta doa-doa yang dpaat diamalkan.

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 28 Maret 2023 | 20:05 WIB
Jadwal Imsakiyah Jakarta 29 Maret 2023, Mau Sahur Jam Berapa? Cek Waktu dan Doa-doanya
Ilustrasi pusat keramaian di Jakarta, Monas (Foto oleh Tom Fisk/pexels) -

Suara.com - Jadwal imsakiyah menjadi informasi paling diburu selama bulan Ramadhan. Apalagi bagi warga ibukota yang sangat memperhatikan ketepatan waktu, sehingga jadwal imsakiyah Jakarta penting untuk dicatat.

Bagaimana jadwal imsakiyah Jakarta untuk besok Rabu, 29 Maret 2023 atau 7 Ramadhan 1444 H? Berikut ini penjelasannya.

Jadwal imsakiyah untuk wilayah DKI Jakarta pada Rabu (29/3/2023) besok adalah pukul 04.31 WIB. Jadwal tersebut disusul Subuh pada 04.41 WIB dan jadwal berbuka puasa atau Magrib pada 18.03 WIB.

Selain mengetahui jam berapa sahur, imsak serta waktu subuh. Warga Jakarta juga perlu mengingat jadwal sholat lima waktu besok. Jadwal imsakiyah Jakarta Rabu, 29 Maret 2023:

  • Imsak : 04.31 WIB
  • Subuh : 04.41 WIB 
  • Terbit : 05.53 WIB
  • Duha : 06.20 WIB
  • Zuhur : 12.01 WIB
  • Asar : 15.14 WIB
  • Maghrib : 18.03 WIB
  • Isya' : 19.11 WIB

Dengan demikian rata-rata warga Jakarta akan berpuasa sekitar 13 jam sehari. Untuk tetap menjaga kebugaran selama puasa maka dibutuhkan makanan sehat dengan gizi seimbang.

Jangan sampai melewatkan sahur untuk tetap menjaga stamina. Di samping itu ada banyak keutamaan makan sahur selama Ramadhan. 

Doa Sahur

Doa saat sahur adalah mengucapkan niat puasa. Niat puasa dan artinya sebagai berikut. 

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Menurut Mazhab Syafii niat puasa Ramadhan dianjurkan untuk dibaca setiap malam hari atau ketika melaksanakan sahur sebelum memasuki waktu subuh. Dilansir dari NU Online, jika niat puasa Ramadhan dilafalkan di luar waktu tersebut, maka puasa dianggap tidak sah.  Hal ini sesuai dengan hadis, “Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Doa Buka Puasa 

Selain niat puasa di atas, umat muslim juga juga bisa melafalkan doa berbuka puasa sebagai wujud syukur kepada Allah Swt. atas rezeki dan kemudahan berpuasa yang telah dilalui.

Tidak hanya berupa makanan yang dapat kita santap saat berbuka tetapi juga berkah kesehatan sehingga kita dapat meneruskan ibadah puasa dan beramal secara optimal di bulan yang mulia ini. 

Berikut bacaan doa buka puasa yang diamalkan setiap berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa-Doa Harian di Bulan Ramadhan

Selain niat puasa dan doa berbuka banyak doa-doa harian yang bisa diamalkan untuk menambah pahala dan keberkahan Ramadhan. 

1. Doa ketika diberi makan dan minum

“Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqoonii”

Artinya: Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku] (HR. Muslim no. 2055).

2. Doa saat berbuka puasa di rumah orang lain.

“Afthoro ‘indakumush shoo-imuuna wa akala tho’amakumul abroor wa shollat ‘alaikumul malaa-ikah”.

Artinya: orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendo’akan agar kalian mendapat rahmat].” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

3. Doa setelah witir

“Allahumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung dengan keridhoan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan kesalamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjukan kepada diri-Mu sendiri]. (HR. Abu Daud, Tirmidzi, An Nasa-i dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Demikian jadwal imsakiyah Jakarta Rabu, 29 Maret 2023 lengkap dengan waktu sholat wajib dan doa-doa harian di bulan Ramadhan. Semoga puasa anda dilancarkan.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI