5 Tips Berpuasa Anti Ngantuk Buat Si Sibuk Wara-Wari

Menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan sambil beraktivitas yang lain bisa menimbulkan tantangan tersendiri.

Selasa, 28 Maret 2023 | 20:22 WIB
5 Tips Berpuasa Anti Ngantuk Buat Si Sibuk Wara-Wari
ilustrasi ngantuk (pexels/Marcus Aurelius)

Suara.com - Menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan sambil beraktivitas yang lain bisa menimbulkan tantangan tersendiri. Mulai dari tubuh yang terasa lemas hingga rasa kantuk yang sulit untuk dihindari, terutama saat siang hari.

Tetapi, puasa tidak seharusnya menjadi alasan bermalas-malasan dan tidak memiliki motivasi untuk beribadah maupun beraktivitas. Kementerian Kesehatan menyebutkan, berpuasa di bulan Ramadhan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi kadar gula dalam tubuh, hingga dapat membantu meningkatkan fungsi kerja otak.

Menerapkan gaya hidup holistik bisa jadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa.

"Gaya hidup holistic wellness sebenarnya juga selaras dengan tujuan dari puasa Ramadhan itu sendiri, yaitu mencapai keseimbangan tubuh, emosi, pikiran, dan energi di dalam diri. Dengan menjalankan gaya hidup kesehatan holistik yang bermakna sehat secara menyeluruh, diharapkan tubuh bisa tetap terjaga fit sehingga ibadah dapat lebih dijalankan dengan lebih optimal dan aktivitas sehari-hari pun menjadi tidak terganggu meski sedang berpuasa," kata Vice President of Business Innovation & Development ParagonCorp Alfia Wardah dalam rilis tertulisnya, Selasa (28/3/2023).

Berikut adalah 5 cara agar tidak mudah mengantuk dan tubuh tetap fit selama berpuasa Ramadhan:

1. Jangan tinggalkan sahur

Sahur bisa diibaratkan sebagai pondasi yang dibutuhkan tubuh untuk bisa menjalankan puasa dengan lancar seharian penuh. Menjalankan puasa tanpa sahur dapat menyebabkan kadar gula darah pada tubuh menjadi semakin rendah sehingga jadi lebih mudah mengantuk.

Pastikan konsumsi makanan bernutrisi seimbang saat sahur seperti daging, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, serta sumber protein lainnya yang cenderung lambat dicerna oleh tubuh.

2. Olahraga rutin

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Malahan, melakukan olahraga ringan sangat dianjurkan selama menjalankan puasa Ramadan sehingga tubuh lebih bugar dan tak mudah mengantuk. Beberapa jenis olahraga yang dilakukan selama Ramadan seperti berjalan kaki atau bersepeda santai dengan durasi 30 menit sebanyak 3-5 kali seminggu setelah sahur.

3. Cukupi kebutuhan cairan pada tubuh

Rasa kantuk saat berpuasa memang sulit terhindarkan karena tubuh akan mengalami kekurangan cairan akibat tak minum seharian. Dalam sehari, kebutuhan air minum manusia adalah 2-3 liter atau setara dengan sekitar 8 gelas sehari.

Agar terhindar dari rasa kantuk saat berpuasa, cobalah jadwal minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Perlu diperhatikan, hindari konsumsi minuman seperti kopi dan soda di antara waktu berbuka dan sahur karena justru dapat membuat tubuh lemas dan semakin mengantuk ketika berpuasa.

4. Tidur cukup

Pastikan jangan sampai waktu tidur selama bulan Ramadan menjadi kurang dari 4 jam setiap harinya. Buatlah suasana kamar menjadi nyaman untuk tidur dengan mengatur penerangan yang lebih redup serta suhu ruangan menjadi lebih sejuk setiap sebelum tidur. Selain itu, diffuse Beyondly Serenity Blend Essential Oil sebelum tidur untuk tidur yang lebih nyenyak dan mendapatkan pengalaman tidur yang lebih berkualitas.

5. Hindari makan terlalu banyak

Hindari makan terlalu banyak baik ketika berbuka karena justru membuat tubuh menjadi lemas dan mudah mengantuk. Untuk menjaga makan agar tak berlebihan ketika berbuka, diffuse Beyondly Ignite Up Blend Essential Oil dengan kandungan Clove Bud, Lemon, Cinnamon Bark, Peppermint, dan Nutmeg Essential Oil 30 menit sebelum berbuka puasa.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI