Alya Rohali Tak Pernah Memberi Reward untuk Putrinya yang Belajar Puasa

Salah satu kegiatan yang selalu dilakukan Alya Rohali bersama tiga putrinya selama Ramadan adalah belajar membaca Alquran.

Rabu, 29 Maret 2023 | 07:30 WIB
Alya Rohali Tak Pernah Memberi Reward untuk Putrinya yang Belajar Puasa
Alya Rohali bersama suami dan tiga putrinya. [Instagram]

Suara.com - Alya Rohali menceritakan kegiatan selama puasa Ramadan bersama tiga putrinya; Namira Adjani Ramadina, Savannah Nadja Rachbini, Diarra Anissa Radini. Mereka biasanya mengisi kegiatan Ramadan dengan melakukan salat tarawih dan membaca Alquran bersama.

"Di Ramadan dari kecil mereka memang rutin ada kegiatan itu. Jadi sekarang kayak lebih ditingkatkan kebersamaannya aja lah. Maksudnya tarawih bareng kalau pas lagi di rumah," kata Alya Rohali saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Untuk ajaran membaca Alquran sudah Alya Rohali terapkan pada anak-anaknya sedari mereka kecil. Alya dan suami juga turut serta mengajarkan langsung cara membaca Alquran pada ketiga anaknya. Saat ini ketiga anaknya masih terus mempelajari Alquran.

"Ya berdua sama suami. Mostly aku, ada juga bantuan dari orang lain, aku juga masih banyak kekurangan. (Anak-anaknya) masih belajar. Saya juga belum pintar banget baca Alquran, dalam arti itu kan ada tahapan dari kita bisa baca sampai ada makhraj-makhrajnya, tajwidnya, artinya ya bertahap," tutur Alya Rohali. 

Untuk belajar berpuasa, sedari awal Alya Rohali tidak menggunakan teknik memberi reward atau hadiah kepada anak-anaknya jika mereka memenuhi target berpuasa. Puteri Indonesia 1996 ini menanamkan pada anak-anaknya bahwa berpuasa adalah kewajiban setiap muslim dan reward satu-satunya adalah pahala.

"Enggak sih, dari kecil aku sih enggak pernah gitu-gitu. Aku reward-nya pahala aja sudah. Jadi enggak pernah diiming-imingi seperti itu. Tapi memang metode kan bisa berbeda-beda tergantung anaknya juga. Kalau aku sih enggak pernah," ucap Alya Rohali.

Meski begitu Alya Rohali menyerukan kalau anak-anaknya baru wajib berpuasa full saat akil baligh. Sebelum itu mereka hanyalah belajar berpuasa yang kalau tidak kuat boleh batal setengah hari.

"Kalau sudah akil baligh, ya diwajibkan berpuasa. Kalau mau belajar dari sebelumnya boleh, nah itu dari proses belajarnya aku enggak yang memaksakan gitu. Mau setengah hari mulai ya boleh, tapi terus ada waktu tertentu 'Oke sekarang sudah full ya' gitu. Dan konsisten," tutur Alya Rohali.

Saat ini Alya Rohali memiliki tiga putri yang sudah mulai beranjak dewasa. Putri pertamanya sekarang berusia 23 tahun, anak keduanya berusia 16 tahun, dan anak bungsunya berusia 13 tahun.

Anak pertamanya adalah hasil dari pernikahannya dengan mantan suaminya Eri Surya Kelana. Sementara anak kedua dan ketiganya adalah hasil dari pernikahannya dengan suaminya saat ini yang bernama Faiz Ramzi Rachbini.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

ENTERTAINMENT

TERKINI