5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur, Bikin Auto Lemas Seharian!

Makan di waktu sahur adalah hal yang sangat penting bagi umat muslim yang akan menjalani ibadah puasa. S

Bimo Aria Fundrika Suara.Com
Kamis, 30 Maret 2023 | 10:55 WIB
5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur, Bikin Auto Lemas Seharian!
Ilustrasi sahur.[Freepik]

Suara.com - Sahur merupakan salah satu kegiatan makan pada dini hari sebelum adzan subuh, yang bertujuan agar tubuh tetap berenergi ketika berpuasa seharian nanti.

Makan di waktu sahur adalah hal yang sangat penting bagi umat muslim yang akan menjalani ibadah puasa. Supaya tubuh tidak merasa lemas dan terhindar dari masalah kesehatan.

Maka dari itu alangkah baiknya untuk memperhatikan jenis-jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. Guna tubuh tetap ternutrisi dengan baik sehingga kuat dan berenergi saat berpuasa.

Melansir dari laman An-Nur (30/3/2023), berikut ini 5 makanan dan minuman tidak direkomendasikan untuk dijadikan menu saat sahur.

1. Berlemak Tinggi

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Alih-alih memberikan efek kenyang yang lebih lama, makanan berlemak tinggi justru bisa memicu tubuh kekurangan cairan selama berpuasa nantinya. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lemas.

2. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan terlalu pedas saat sahur bisa berujung gangguan pencernaan saat puasa. Hal ini dikarenakan makanan pedas bisa menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Tidak heran jika nantinya akan merasa lemas seharian.

3. Tinggi Gula

Sebaiknya hindari makanan tinggi kandungan gulanya saat sahur karena berisiko meningkatkan kadar gula darah. Apabila kadar gula darah sudah tinggi, maka tubuh akan dengan mudah merasa lapar.

Tentunya dalam kondisi berpuasa yang tidak diperkenankan untuk makan dan minum seharian bisa membuat tubuh auto lemas.

4. Fast Food

Makanan cepat saji alias fast food memang memberikan waktu yang sangat efisien saat sahur. Sayangnya, makanan cepat saji lebih banyak kandungan lemak jenuh dan kalori. Dampaknya adalah tubuh menjadi kekurangan cairan saat berpuasa.

5. Minuman Mengandung Kafein

Minuman yang mengandung kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja, lho. Teh dan minuman berenergi lainnya pun mengandung kafein yang sebaiknya dihindari saat sahur.

Bukan tanpa alasan, kafein mengandung zat diuretik yang membuat adanya peningkatan buang air kecil sehingga memicu tubuh menjadi dehidrasi saat puasa.

Minuman berkafein juga dapat membuat perut terasa kembung. Tentu kondisi ini akan sangat tidak nyaman ketika sedang berpuasa.

Shilvia Restu Dwicahyani

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI