5 Adab Sholat Idul Fitri 2023, Mandi Hingga Memberikan Penampilan Terbaik

Perhatikan adab berikut saat akan melaksanakan sholat idul fitri.

Rifan Aditya Suara.Com
Jum'at, 07 April 2023 | 13:37 WIB
5 Adab Sholat Idul Fitri 2023, Mandi Hingga Memberikan Penampilan Terbaik
Ilustrasi berdoa, sholat Idul Adha, Idul Fitri, salat (Freepik) - adab sholat Idul Fitri

Suara.com - Mendekati hari raya Idul Fitri 2023, umat muslim akan berlomba dalam menyiapkan segala hal yang memang patut disiapkan. Namun di antara hal-hal tersebut semoga Anda termasuk salah satu yang menyiapkan adab sholat Idul Fitri.

Adab Sholat Idul Fitri

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa adab yang sebaiknya Anda ikuti saat pelaksanaan sholat Idul Fitri.

1. Mandi sebelum sholat

Seperti yang diriwayatkan dalam Kitab Al-Muwaththa, sebelum berangkat shalat Abdullah bin Umar akan mandi terlebih dahulu.

An-Narawi rahimahullah juga menyebutkan bahwa mandi menjadi salah satu kesepakatan pada kalangan ulama sebelum sholat Id.

2. Makan

Disunahkannya makan sebelm berangkat sholat Idul Fitri adalah penegasan bahwa umat muslim dilarang berpuasa di hari tersebut.

Adab ini juga sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Anas bin Malik seperti berikut.

“Adalah Rasulullah SAW tidak berangkat pada hari Idul Fitri sebelum makan beberapa butir kurma, ia makan dalam jumlah ganjil.” (HR. Bukhari, no. 953)

3. Takbir

Adab satu ini didasrkan pada firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 185.

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Sebagai tambahan, Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan dari Az-Zuhri seperti berikut.

“Orang-orang bertakbir di hari raya saat mereka keluar dari rumah sampai ketika mendatangi tempat sholat dan imam datang. APabila imam datang, mereka diam, lalu ketika imam takbir, mereka pun takbir.”

4. Mengucapkan selamat

Jubair bin nafir pernah berkata,

“Para sahabat Rasulullah SAW, apabila berjumpa di hari raya Idul Fitri, mereka akan mengucapkan selamat satu sama lain” Ibnu Hajar berkata, sanadnya hasan (Fathul Bari, 2/446).

Anda bisa memberi ucapan satu sama lain berupa taqabbalallahu minna wa minkum atau ucapan selamat hari raya idul fitri lainnya. Pemberian ucapan ini merupakan bentuk syukur bahwa mereka saling mendapat sesuatu yang membahagiakan, seperti diterimanya taubat.

5. Memberi penampilan terbaik

Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma pernah berkata,

“Umar radhiallahu anhu membeli jubah dari sutera yang di jual di pasar kemudian mendatangi Rasulullah SAW dan berkata “Wahai Rasulullah, belilah ini dan berhiaslah dengannya di Hari Raya dan menyambut tamu”

Maka, Rasulullah pun menjawabnya dengan,

“Sesungguhnya ini adalah pakaian orang yang tidak mendapatkan bagian (di hari kiamat).” (HR. Bukhari, no. 948)

Nabi Muhammad SAW pun menyetujui ajakan Umar untuk berhias diri, akan tetapi yang dia ingkari adalah membeli baju tersebut karena terbuat dari sutera. Nabi Muhammad memberi penampilan terbaik dengan memakai pakaian terbagus yang dimilikinya.

Itulah beberapa adab sholat Idul Fitri yang perlu diketahui oleh umat Islam.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI