5 Amalan di Bulan Syawal, Tak Hanya Puasa

Berikut beberapa anjuran amalan di bulan Syawal untuk dilaksanakan oleh umat Islam.

Rifan Aditya Suara.Com
Senin, 24 April 2023 | 07:15 WIB
5 Amalan di Bulan Syawal, Tak Hanya Puasa
Amalan di bulan Syawal (Afshad Subair/Pixabay )

Suara.com - Takbir telah berkumandang, shalat ied telah dilaksanakan, selamat datang bulan syawal. Ibadah tidak berhenti setelah bulan puasa berlalu. Lanjutkan dengan mengerjakan amalan di bulan Syawal.

Setelah satu bulan puasa Ramadhan, kita bisa meningkatkan amal ibadah kita dengan mengamalkan beberapa amalan di bulan Syawal. Berikut beberapa anjuran amalan ibadah di bulan Syawal untuk dilaksanakan oleh umat Islam. 

1. Puasa Syawal

Mengutip dari jatim.nu.or.id, Puasa di bulan Syawal merupakan salah satu amalan di bulan Syawal yang paling dianjurkan. Puasa Syawal adalah ibadah sunnah bagi yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib, baik itu puasa Ramadhan atau pun puasa Nazar.

Puasa Syawal dapat dilaksnakan mulai tanggal 2-7 syawal, selama enam hari. Umat Islam bisa melaksanakan puasa Syawal secara tidak berurutan. Kemudian, sebagaimana puasa di bulan Ramadhan, kita pun harus membaca niat puasa syawal untuk menyempurnakan ibadah kita. Berikut bacaan niat puasa syawal;

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah Taala.

2. I'tikaf

Berdasarkan dalamislam.com, amalan di bulan Syawal selanjutnya yang dianjurkan adalah I'tikaf. Amalan yang berupa berdiam diri di masjid melaksanakan serangkaian ibadah sholat wajib, sholat sunnah, membaca Al Qur'an, sedekah, dan lain-lain dapat dilakukan sampai bulan syawal. 

3. Menikah

Anjuran amalan di bulan Syawal selanjutnya adalah menikah. Oleh karena itu, tak mengherankan jika umat Islam melaksanakan upacara pernikahan di bulan Syawal.

Hal ini karena‘Aisyah radiallahu ‘anha istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

4. Sedekah

Melaksanakan sedekah di bulan syawal sangat dianjurkan. Diriwayatkan dari Abu Hurairoh R.A, Rasulullullah bersabda:

“Engkau bersedekah dalam keadaan sehat, amat membutuhkannya, khawatir miskin, dan berangan-angan menjadi kaya. janganlah menunda-nunda (sedekah) sehinggga jika ajal telah sampai ke kerongkongan engkau berkata, ‘untuk si fulan sekian, untuk si fulan sekian.’ padahal memang harta itu untuk si fulan.”

5. Membaca Al Quran

Membaca Al Qur'an juga merupakan amalan ibadah sunnah di bulan Syawal yang dianjurkan untuk dilaksanakan sebaik mungkin, sehingga rajinnya kita membaca Al Qur'an tidak berhenti di bulan Ramadhan saja. Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda:

“Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Demikian itu setidaknya anjuran melaksanakan 5 amalan di bulan Syawal. Semoga dapat meningkatkan amal, iman, dan takwa kita kepada Allah SWT.

Kontributor : Mutaya Saroh

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI