Panduan Puasa Syawal Lengkap: Niat, Tata Cara, Aturan dan Keutamaan

Setelah berpuasa Ramadhan selama sebulan penuh, Muslim dianjurkan untuk mengerjakan ibadah puasa Syawal. Agar tidak keliru, simak panduan puasa Syawal lengkap di bawah ini.

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 25 April 2023 | 08:25 WIB
Panduan Puasa Syawal Lengkap: Niat, Tata Cara, Aturan dan Keutamaan
Ilustrasi Puasa - Panduan Puasa Syawal Lengkap (Freepik)

Suara.com - Setelah berpuasa Ramadhan selama sebulan penuh, umat Muslim dianjurkan untuk mengerjakan ibadah puasa Syawal. Seperti yang diketahui, puasa sunnah di bulan Syawal ini dapat dilakukan selama enam hari. Agar tidak keliru saat mengerjakannya, simak panduan puasa Syawal lengkap di bawah ini. 

Melansir dari laman NU online, puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang berlangsung setelah Hari Raya Idul Fitri, tepatnya pada tanggal 2-7 Syawal.

Meski demikian, umat Islam yang berpuasa di luar tanggal yang telah ditetatpkan itu atau tidak berurutan, tetap akan mendapat keutamaan dari puasa Syawal seperti puasa wajib selama setahun penuh. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim no. 1164). 

Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah puasa Syawal, berikut ini panduan puasa Syawal lengkap. Seperti niat, tata cara, aturan hingga keutamaannya. 

Niat Puasa Syawal 

Sama seperti menjalankan ibadah lainnya, puasa Syawal juga harus diawali dengan membaca niat terlebih dahulu. Berikut ini bacaan niat puasa Syawal: 

Niat puasa Syawal yang dibaca malam hari 

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnatis syawwali lillahi ta'ala. 

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah ta'ala." 

Niat puasa Syawal yang dibaca siang hari 

Nawaitu shauma hadzal yaumi 'an ada'i sunnatisy syawwali lillahi ta'ala. 

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah ta'ala." 

Tata Cara Puasa Syawal 

Tata cara puasa Syawal juga tak jauh berbeda dengan puasa sunnah maupun wajib lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada bacaan niat di awal. Berikut adalah tata cara puasa Syawal: 

• Membaca niat puasa Syawal 

• Disunnahkan malan sahur sebelum waktu Subuh 

• Menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa, seperti makan dan minum kurang lebih selama 13 jam dari waktu Subuh hingga azan Magrib berkumandang 

• Menunaikan ibadah sholat wajib, boleh juga ditambah dengan sholat sunnah 

• Melaksanakan puasa Syawal sehari setelah Hari Raya Idul Fitri, yakni pada 2-7 Syawal 

• Menyegerakan berbuka puasa setelah memasuki waktu Magrib. 

Aturan Melakukan Puasa Syawal 

Jika hendak melaksanakan ibadah puasa Syawal, berikut beberapa aturan dalam melakukan puasa sunnah ini: 

1. Dilakukan Selama Enam Hari 

2. Boleh berniat setelah terbit fajar 

3. Dianjurkan untuk melakukannya sehari setelah Idul Fitri 

4. Tidak harus dilakukan dengan tanggal yang berurutan 

5. Dianjurkan untuk mengqadha puasa terlebih dahulu 

Keutamaan Puasa Syawal 

Ada beberapa keutamaan puasa Syawal yang dapat diperoleh umat Islam yang melaksanakannya. Keutamaan ini seperti yang dijelaskan di dalam hadis riwayat berikut. 

1. Seperti ibadah puasa selama satu tahun penuh 

Orang yang melakukan puasa Syawal sama seperti menjalankan ibadah puasa selama satu satu tahun penuh. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan Imam Muslim dalam sebuah kitab Shohihnya pada bab kesunnahan puasa enam hari Syawal yakni: 

"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka baginya (pahala) puasa selama setahu penuh." 

2. Pahala kebaikan berlipat ganda 

Puasa Sywal mendatangkan pahala kebaikan yang berlipat ganda. Hal ini diriwayatkan dalam Hadits Ibnu Majah dari Thawban, ada seorang budak yang dibebaskan oleh Rasulullah SAW: 

"Seperti yang dinarasikan dari Thawban, seorang budak yang dibebaskan Rasulullah, Nabi SAW berkata, "Siapa saja yang berpuasa selama enam hari setelah Idul Fitri akan berpuasa selama satu tahun tersebut, dengan satu kebaikan dihargai 20 kebaikan serupa." 

3. Menambah nilai amal kebaikan untuk bekal akhirat 

Keutamaan lain dari ibadah puasa Syawal yakni termasuk ibadah sunnah yang diharapkan bisa menyelamatkan di hari akhir sebagai pemberat dari amal kebaikan. 

"Seperti dinarasikan Abu Hurairah, Rasulullah SAW berkata, Amalan pertama yang dihitung dari seorang manusia adalah sholat. Jika sempurna maka semuanya akan tercatat lengkap, dan jika ada yang kurang Allah SWT akan berkata, 'Periksalah jika hambaku melakukan ibadah sunnah (nafil). Jika dia melakukannya maka ibadah wajib akan dilengkapi dari yang sunnah'" (HR An-Nasa'i). 

Itulah tadi panduan puasa Syawal lengkap, mulai dari bacaan, niat, aturan dan keutamaan puasa Syawal. Semoga menambah keimanan dan ketakwaan!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI