Niat Sahur Puasa Ramadhan 2024, Kapan Waktu yang Benar Membacanya?

Ini dia bacaan niat sahur Ramadhan 2024. Lantas kapan waktu yang tepat untuk membacanya?

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 12 Maret 2024 | 14:13 WIB
Niat Sahur Puasa Ramadhan 2024, Kapan Waktu yang Benar Membacanya?
Cara cek jadwal imsak, sahur, dan buka puasa Ramadhan 2024 (pexels) - niat sahur puasa Ramadhan 2024

Suara.com - Niat sahur puasa Ramadhan jangan sampai lupa dibaca. Sebab membaca niat merupakan salah satu syarat sah puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan Anda akan dianggap tidak sah apabila tidak mengucapkan puasa sampai terbit fajar. Untuk memudahkan hal tersebut, niat sudah bisa dibaca selepas Isya.

Meski ada pendapat yang memperbolehkan membaca niat puasa di sahur hari pertama saja, sebagian besar ulama berpendapat bahwa Anda sebaiknya tetap membacanya setiap hari.

“Namun, pendapat itu (membaca niat puasa Ramadhan hanya satu kali) ditolak oleh mayoritas ulama sehingga untuk orang awam disarankan ikut pandangan jumhur mayoritas pada ulama (membaca niat puasa setiap hari),”tutur Ustaz Ardiansyah selaku anggota Majelis DAI Kebangsaan Kemenag RI.

Bacaan Niat Sahur Ramadhan

Melansir dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), berikut adalah bacaan niat puasa Ramadhan atau doa sahur saat puasa Ramadhan dalam bahasa arab, latin, dan artinya yang bisa Anda baca.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala,”

Artinya: Saya berniat puasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala,”

sai membaca niat sahur puasa Ramadhan, Ada bisa menambahkan doa berikut sebagai bentuk syukur atas santapan sahur.

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

"Yarahmullaahul mustasahhiriin"

Artinya: Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang sahur,”

Aturan membaca niat puasa Ramadhan memang lebih ketat. Pasalnya, niat puasa sunah masih boleh dibaca sampai sebelum tengah hari.

Sementara itu, batas membaca niat puasa Ramadhan adalah sebelum fajar. Demi menghindari hal tersebut, banyak yang membaca niat selepas sholat tarawih.

Kapan Sahur Pertama Ramadhan 2024?

Sesuai hasil pemantauan hilal yang dilakukan oleh Kementerian Agama pada hari Minggu, 10 Maret 2024 lalu, umat Muslim di Indonesia akan mulai berpuasa pada hari Selasa, 12 Maret 2024. 

Namun, pihak Muhammadiyah telah memulai puasa pada hari Senin, 11 Maret 2024. Perbedaan mulainya waktu puasa ini bukanlah hal baru di Indonesia.

Demikian informasi mengenai niat sahur puasa Ramadhan 2024. Sudahkah Anda mulai puasa di tahun ini? Semoga ibadah puasa tahun ini semakin dilancarkan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI