Tak Dianjurkan Tidur setelah Salat Subuh, Berikut Alasan dan Penjelasannya

Berikut beberapa alasan mengapa tidur setelah subuh tidak dianjurkan menurut Islam:

Eko Faizin Suara.Com
Rabu, 13 Maret 2024 | 10:21 WIB
Tak Dianjurkan Tidur setelah Salat Subuh, Berikut Alasan dan Penjelasannya
Ilustrasi salat Subuh. [Unsplash / Rumman Amin]

Suara.com - Salat Subuh tak dipungkiri merupakan salah satu ibadah yang berat untuk dilakukan. Pasalnya, kita harus bangun di tengah waktu istirahat untuk mendirikan kewajiban sebagai seorang Muslim.

Maka dari itu kerap kali kita masih merasa ngantuk meskipun sudah membasuh muka dan mendirikan ibadah tersebut. Lantas kapan waktu yang ideal untuk kembali beristirahat? 

Ustaz Syafiq Riza Basalamah dalam sebuah ceramahnya menjelaskan tentang tidur setelah salat subuh. Dalam kanal YouTube Konsultasi Islam, dia mengungkapkan bahwa setelah salat Subuh merupakan waktu yang paling diberkahi.

Melalui video yang diunggah 29 Juni 2019, Ustaz Syafiq Riza menyatakan jika Allah menurunkan rezekinya yang melimpah pada waktu setelah salat subuh sampai terbitnya matahari, oleh karena itu tidak dianjurkan untuk kembali tidur setelah mendirikan ibadah salat subuh.

Anda dapat mengisi waktu setelah salat subuh dengan berdoa, berdzikir dan membaca ayat suci Alquran. Pada waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa atas keinginan dan harapan anda masing-masing.

Larangan tidur setelah Subuh

Dalam agama Islam menekankan sebuah larangan untuk tidak kembali tidur setelah mendirikan salat Subuh, berikut beberapa alasan mengapa tidur setelah subuh tidak dianjurkan menurut Islam:

1. Tidak mendapatkan keberkahan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa rejeki dan keberkahan berlimpah turun setiap harinya pada waktu setelah salat subuh sampai matahari terbit, maka sangat dianjurkan untuk melalukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat pada waktu setelah salat subuh.

2. Menimbulkan rasa malas

Ibnu Qayyim Rahumullah pernah menyampaikan bahwa tidur setelah salat subuh meninggalkan dua jenis penyakit, yang pertama rasa malas dan yang kedua adalah penyakit lemahnya syahwat.

3. Menghambat datangnya rezeki

Ketika kita memutuskan untuk tidur setelah salat subuh maka kita akan kehilangan kesempatan untuk menjemput rezeki, maka dari itu alangkah baiknnya Anda dapat menahan kantuk setelah salat subuh sampai saat matahari terbit.

4. Menimbulkan berbagai penyakit

Kita semua mengetahui bahwa pagi hari merupakan waktu optimal bekerjanya metabolisme tubuh setelah istirahat selama satu malam, ketika kita memutuskan untuk kembali tidur maka hal tersebut akan mengganggu metabolisme yang ada di dalam tubuh kita. Hal tersebut dapat memicu tumbuhnya berbagai penyakit pada tubuh.

5. Dijauhkan dari kebaikan

Menurut beberapa sumber yang berhasil dikumpulkan terdapat beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa tidur setelah salat subuh memiliki hukum makruh karena pada waktu tersebut merupakan waktu memanen ghonimah (waktu kebaikan yang banyak).

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI