Contoh Kultum Ramadhan Singkat 5 Menit, Memahami Pentingnya Sedekah di Bulan Mulia

Di malam-malam Ramadhan atau menjelang buka puasa biasa ada kultum yang akan disampaikan kepada umat muslim. Ini dia contoh kultum Ramadhan singkat 5 menit.

Rifan Aditya Suara.Com
Rabu, 13 Maret 2024 | 12:36 WIB
Contoh Kultum Ramadhan Singkat 5 Menit, Memahami Pentingnya Sedekah di Bulan Mulia
Ilustrasi Kultum - Contoh Kultum Ramadhan Singkat 5 Menit (Pexels)

Suara.com - Umat Muslim di dunia sudah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Di malam-malam Ramadhan atau menjelang buka puasa biasa ada kultum yang akan disampaikan kepada umat muslim. Ini dia contoh kultum Ramadhan singkat 5 menit. 

Kuktum sendiri merupakan bentuk ibadah yang identik dilakukan pada bulan Ramadhan. Kultum menjadi kegiatan untuk menyampaikan pesan atau nasihat agama di depan khalayak umum maupun jemaah. Adapun durasi kultum biasanya tidak terlalu panjang, bisa lima menit. 

Contoh Kultum Ramadhan Singkat 5 Menit 

Berikut ini contoh teks kultum Ramadhan singkat 5 menit yang bisa disampaikan kepada khalayak. 

Pentingnya Sedekah di Bulan Ramadhan 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Bismillaahirrahmaanirrahiim..  

الْحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَأَصَحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَومِ الدِّينِ، أَمَّا بَعْدُ  

Segala puji syukur mari kita panjatkan hanua kepada Allah SWT. Selawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. beserta keluarga, sahabat, dan juga umat yang mengikutinya hingga hari kiamat kelak. Amma ba'du...  

Hadirin kaum muslimin wal muslimat rahimakumullah, Alhamdulillah, kita semua bisa berkumpul dalam majelis ilmu yang insyaallah dirahmati Allah SWT ini. Pada kesempatan berbahagia ini, saya akan menyampaikan dakwah bertajuk "Pentingya  Sedekah di Bulan Ramadhan”. 

Hadirin kaum muslimin wal muslimat rahimakumullah 

Di bulan Ramadhan, umat Islam tak hanya diwajibkan untuk menjalankan puasa saja selama sebulan penuh. Namun ada banyak amalan sunah lain yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan sebab terdapat keutamaan dan pahala yang berlipat ganda. 

Sedekah menjadi salah satu amalan utama yang dianjurkan serta dicontoh oleh Rasulullah SAW di bulan suci Ramadhan. Merujuk pada riwayat Anas Ra., sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW. berikut: “‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’” (HR. At-Tirmidzi). 

Sedekah merupakan rangkaian ibadah berupa memberi dari sebagian harta yang dimiliki kepada kaum Muslim, pihak membutuhkan, fakir dan miskin. Sedekah yang dilakukan di bulan Ramadhan bisa berupa uang, bahan pokok, takjil, menu berbuka puasa, makan sahur dan lainnya. 

Sedekah tergolong ibadah yang memiliki nilai sosial tinggi, sebab dapat menguatkan ikatan antar sesama manusia (hablum minannas).  

Selain itu, sedekah juga memiliki banyak keutamaan dan pahala yang mulia. Salah satu keutamaan dari orang yang bersedekah yaitu akan disediakan ruangan di surga seperti riwayat hadis berikut: 

"Sesungguhnya di surga terdapat ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah SWT menghadiahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan salat ketika kebanyakan manusia tidur,” (HR. Tirmidzi). 

Hadirin kaum muslimin wal muslimat rahimakumullah 

Sementara itu, orang yang mau bersedekah, maka hartanya akan diganti Allah SWT. Dijelaskan bahwa Allah SWT mengganti harta sedekah dengan banyak cara daj dilipatgandakan. Tak hanya itu, Allah SWT. memberikan pahala yang mulai sebagaimana bunyi dari Surah Al-Hadid 
ayat 18 berikut: 

 اِنَّ الۡمُصَّدِّقِيۡنَ وَالۡمُصَّدِّقٰتِ وَاَقۡرَضُوا 
اللّٰهَ قَرۡضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمۡ وَلَهُمۡ اَجۡرٌ كَرِيۡمٌ  

Innal mussaddiqiina wal mussaddiqooti wa aqradul laaha qardan hassanany yudaa'afu lahum wa lahum ajrun kariim. 

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan [balasannya] bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia,” (QS. Al-Hadid [57]: 18). 

Bahkan, Islam juga telah menganjurkan umatnya agar bersedekah tanpa adanya rasa riya' atau sombong. Memberi sedekah, jika terlihat akan lebih baik. Disebutkan dalam Surah Al-Baqarah ayat 271, Allah SWT. berfirman: 

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ  

Artinya: “Jika kamu menampakkan sedekah[mu], maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Baqarah : 271). 

Keutamaan sedekah di bulan Ramadhan atau bulan lainnya juga dijelaskan melalui hadis Nabi Muhammad SAW riwayat Tirmidzi. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: 

"Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api,” (HR. At-Tirmidzi). 

Hadirin kaum muslimin wal muslimat rahimakumullah, 

Demikian kultum singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga kita semua diberikan rezeki yang halal dan berkah barokah sehingga kita bisa bersedekah terutama di bulan Ramadhan. Aamiin allahumma aamiin. 

Itu tadi contoh kultum Ramadhan singkat 5 menit yang dapat disampaikan kepada khalayak. Semoga ibadah puasa kita berjalan lancar hingga sebulan kedepan.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI