10 Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat, Kontrol Tubuh Selama Ramadhan Agar Tidak Melar

Salad buah adalah pilihan cerdas untuk buka puasa, karena buah-buahan tidak hanya baik untuk diet tetapi juga membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Rifan Aditya Suara.Com
Kamis, 14 Maret 2024 | 13:50 WIB
10 Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat, Kontrol Tubuh Selama Ramadhan Agar Tidak Melar
Ilustrasi menu buka puasa untuk diet (Freepik)

Suara.com - Puasa tidak harus menghentikan program diet sehat, bahkan dapat meningkatkan efektivitasnya, terutama jika tujuannya adalah kesehatan. Lantas apa saja menu buka puasa untuk diet yang sehat? 

Mengenai makanan berbuka puasa bagi orang diet, sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan guna menghindari kenaikan berat badan yang tidak terkendali selama puasa. Sehingga perlu merancang menu buka puasa untuk diet agar kesehatan tubuh terkontrol.

Dimana godaan makanan menggiurkan seringkali melibatkan program diet yang kurang optimal. Namun tak perlu khawatir, karena artikel ini memberikan beberapa rekomendasi menu buka puasa untuk orang diet yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat.

Makanan Berbuka Puasa untuk Orang Diet

Berikut ini adalah beberapa ide menu buka puasa untuk diet yang lezat dan sehat:

1. Tiga Buah Kurma dan Teh

Memulai berbuka dengan tiga buah kurma dan teh dapat membantu mengembalikan energi yang hilang, sekaligus memberikan nutrisi dan rasa kenyang.

2. Salad Buah

Salad buah adalah pilihan cerdas, karena buah-buahan tidak hanya baik untuk diet tetapi juga membantu menjaga berat badan tetap ideal. Pastikan proporsi buah lebih tinggi daripada bahan pelengkap lainnya.

3. Capcay

Capcay, dengan penambahan protein seperti ayam atau udang, merupakan pilihan berbuka puasa yang baik untuk diet. Sayur rendah kalori ini juga kaya akan vitamin dan mineral.

4. Telur dan Kentang Rebus

Telur dan kentang rebus membantu menjaga berat badan karena memberikan rasa kenyang. Telur mengandung nutrisi tinggi, sementara kentang dapat menjadi sumber pati resisten yang mendukung penurunan berat badan.

5. Sayur Sup dan Dada Ayam

Dada ayam yang rendah kalori dapat diolah menjadi sup sayur untuk menjadi pilihan makanan berbuka puasa yang sehat bagi orang diet.

6. Nasi Merah

Meski kalorinya sedikit lebih tinggi, nasi merah memiliki manfaat karena kandungan mineral yang beragam, serat tinggi, dan indeks glikemik rendah.

7. Sayur Bayam Bening

Sayur bayam bening yang mudah dibuat memberikan zat mikronutrien penting untuk mendukung diet.

8. Tumis Kangkung

Kangkung, kaya gizi dan baik untuk membakar lemak, dapat diolah menjadi tumis yang nikmat.

9. Tumis Taoge Tahu

Tumis taoge tahu adalah pilihan yang rendah kalori dan tinggi nutrisi, cocok untuk menjaga keseimbangan dalam program diet.

10. Ikan Kukus

Ikan kukus, kaya akan vitamin, mineral, dan protein, merupakan alternatif yang sehat dan rendah kalori untuk berbuka puasa.

Untuk mencapai hasil diet maksimal, penting juga untuk menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga dan minum banyak air putih. Itulah beberapa ide menu buka puasa untuk diet yang sehat selama bulan Ramadhan.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI