Momen Ramadan, Zaskia Adya Mecca Tanamkan Kebiasaan Berbagi Sejak Dini Kepada Anak

Bulan Ramadan nampaknya memang spesial untuk Zaskia Adya Mecca, yang menga

Jum'at, 15 Maret 2024 | 18:35 WIB
Momen Ramadan, Zaskia Adya Mecca Tanamkan Kebiasaan Berbagi Sejak Dini Kepada Anak
Zaskia Adya Mecca. (Lilis/Suara.com)

Suara.com - Bulan Ramadan nampaknya memang spesial untuk Zaskia Adya Mecca. Tidak hanya menjadi momen lebih rajin beribadah, tapi juga dia manfaatkan untuk mengajarkan anak-anaknya tentang ikhlas berbagi. Istri sutradara kondang Hanung Bramantyo itu sengaja mengajarkan cara berbagi sedari anak-anaknya masih kecil agar nantinya jadi kebiasaan hingga mereka dewasa.

"Aku ajarkan mereka untuk berbagi, ketika mereka punya makanan bisa dibagi juga ke luar. Aku ajak mereka ke tempat-tempat orang yg kurang beruntung," cerita Zaskia saat acara Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan bersama Baznas juga Royco dan Bango di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (15/3/2204).

Kini, kelima anaknya yang masih di bawah umur itu pada akhirnya telah terbiasa dengan konsep berbagi tanpa harus diarahkan lagi. Hal itu terlihat ketika anak-anaknya memiliki uamh sendiri dari hasil membantunya syuting di rumah.

Potret Liburan Keluarga Zaskia Adya Mecca. (Instagram/zaskiadyamecca)
Potret Liburan Keluarga Zaskia Adya Mecca. (Instagram/zaskiadyamecca)

"Anakku sering ikut kerja kadang syuting di rumah. Kalau syuting itu mereka suka aku kasih honor. Dari honor yang mereka terima itu, misalnya 100 ribu, mereka sudah tahu kalau setengah itu harus dipisahkan atau dibagi buat yang lain. Itu hal yang penting. Makanya Ramadan ini kita buka bersama terus kita suka bungkus-bungkusin untuk dibagiin ke orang," ujarnya.

Ramadan juga selalu jadi momen berkumpul Zaskia dengan suami dan anak-aanknya. Kakak kandung aktor Haikal Kamil itu mengatakan kalau dirinya sengaja jarang mengambil pekerjaan di luar rumah selama Ramadan agar bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak-anak.

Kalaupun harus keluar rumah untuk bekerja, dia akan sebisa mungkin pulang ke rumah sebelum magrib agar bisa buka puasa bersama keluarga. Hal yang sama juga dilakukan sang suami.

"Bulan Ramadan jarang sekali ambil pekerjaan karena ingin lebih spare waktu bareng anak-anak. Begitu juga mas Hanum, magrib pasti udah di rumah untuk mengimamkan kita salat magrib. Dan baru keluar rumah lagi ketika sudah memastikan semua orang rumah sudah diimamkan salat Isyaa dan tarawih," pungkasnya.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI