Contoh Tema Kultum Ramadhan 2024 Singkat dan Kekinian

Di bulan Ramadhan ini, ada banyak kegiatan tema islami yang dilakukan salah satunya mendengarkan kultum. Nah berikut ini contoh tema kultum Ramadhan 2024 singkat dan kekinian.

Rifan Aditya Suara.Com
Minggu, 17 Maret 2024 | 15:45 WIB
Contoh Tema Kultum Ramadhan 2024 Singkat dan Kekinian
Ilustrasi Ramadhan 2024 (Freepik) - contoh tema kultum Ramadhan 2024

Suara.com - Pada bulan Ramadhan yang penuh barokah ini, pasti ada banyak kegiatan bertema islami yang dilakukan seperti shalat tarawih, tadarus Alquran, I'tikaf, pesantren kilat, dan mendengarkan ceramah atau kultum (kuliah tujuh menit). Nah berikut ini contoh tema kultum Ramadhan 2024 singkat dan kekinian.

Pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini, materi kultum biasanya yang disampaikan meliputi amalan-amalan baik yang dianjurkan dilakukan oleh umat Muslim. Ada banyak contoh kultum tema Ramadhan singkat dan kekinian yang bisa dijadikan inspirasi.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh tema kultum Ramadhan 2024 singkat dan kekinian tentang sisi positif pada era digital di bulan Ramadhan.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang berbahagia yang dirahmati Allah SWT,

Alhamdulillah kita bisa kembali merasakan bulan Ramadhan di tahun 2024 ini. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat  ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Muslim seluruh dunia. Di era globalisasi ini, Ramadhan 2024 tentunya akan diperngaruhi juga oleh digitalisasi.

Sampai kapanpun, tentu saja teknologi akan terus berkembang. Meski demi demikian, ada sisi positifnya, yaitu teknologi yang berkembang ini membantu memudahkan kita dalam melaksanakan ibadah. Misalnya, mempermudah kita mencari informasi seputar agama.

Namun, perkembangan teknologi ini juga mempunyai dampak kurang baik. Seperti yang telah diketahui, pada era digitalisasi seperti saat ini, kita bisa  dengan mudah untuk mengakses beragam informasi apa saja serta bisa menjadi distraksi.

Lantas, di era digitalisasi ini kira-kira caranya bagaimana agar kita tetap bisa memanfaatkan teknologi selama bulan Ramadhan?

Nah yang pertama, cobalah untuk menggunakan teknologi sebagai  sarana penunjang dalam beribadah, seperti mencari bacaan niat shalat, tata cara shalat, doa setelah shalat, tadarus Al Quran online, dan lain sebagainya.

Untuk yang kedua, hindari main media sosial selama berjam-jam, terlebih lagi jika menggunakannya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Cobalah menggunakan media sosial untuk menyebarkan kebaikan.

Ketiga, gunakan teknologi untuk mempererat hubunganmu dengan saudara, baik saudara dekat atau jauh. Dengan begini, keberadaan teknologi di era sekarang pun jadi lebih bermanfaat.

Hadirin yang berbahagia yang diberkahi Allah SWT,

Mari kita bersama-sama untuk memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Marilah jadikan era digital ini sebagai penunjang diri dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Semoga di bulan Ramadhan 2024 ini dapat membawa berkah juga ampunan untuk kita semua. Amiin… Amiin ya rabbal alamin..

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian contoh tema kultum Ramadhan 2024 singkat dan kekinian yang bisa dijadikan inspirasi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI