Hukum Memotong Kuku Saat Puasa Ramadhan, Sah atau Tidak Puasanya?

Memiliki kuku panjang kadang membuat risih. Namun di bulan Ramadhan ini apakah boleh potong kuku? Apa hukum memotong kuku saat puasa? Berikut ini ulasannya.

Rifan Aditya Suara.Com
Minggu, 17 Maret 2024 | 16:41 WIB
Hukum Memotong Kuku Saat Puasa Ramadhan, Sah atau Tidak Puasanya?
Ilustrasi hukum memotong kuku saat puasa Ramadhan (Freepik)

Suara.com - Bagi sebagian orang, memiliki kuku panjang itu membuat risih sehingga rutin untuk memotong kuku. Namun di bulan Ramadhan ini apakah boleh potong kuku? Apa hukum memotong kuku saat puasa? Berikut ini ulasannya.

Diketahui bahwa memotong atau menggunting kuku berguna untuk membersihkan kotoran yang ada pada celah-celah kuku. Selain itu, memotong kuku juga termasuk sunnah fitrah. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

"Termasuk sunah-sunah fitrah adalah mencukur bulu kemaluan, memotong kuku dan mencukur kumis." (HR Bukhari)

Lantas, bagaimana jika memotong kuku saat sedang berpuasa? Apa hukum memotong kuku saat puasa? Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Hukum Memotong Kuku saat Puasa

Ali Musthafa Siregar dalam bukunya Fikih Puasa menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang membatalkan puasa. Nah para ulama berpendapat, gunting kuku saat puasa tidak termasuk sebagai perkara yang membuat puasa batal.

Sebab, memotong kuku tidak sama seperti memasukkan sesuatu ke lubang tubuh dengan sengaja. Dalam Islam pun menganjurkan agar umatnya selalu menjaga kebersihan tubuh, termasuk memotong kuku.

Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA yang bunyi hadisnya sebagai berikut:

"Diberikan waktu bagi kami untuk mencukur kumis, bulu ketiak, memotong kuku, dan mencukur bulu kemaluan tidak lebih dari empat puluh hari." (HR Muslim)

Jadi jika diambil kesimpulan, potong kuku saat sedang berpuasa hukumnya boleh dan sah puasanya. Potong kuku justru dianjurkan karena merupakan bagian dari menjaga kebersihan tubuh seperti yang dianjurkan dalam agama Islam.

Nah dalam Islam, potong kuku ini juga ada tata caranya.   Meski tidak ada dalil khusus tentang ini, namun dikatakan bahwa Rasulullah SAW selalu mencontohkan sesuatu yang baik harus selalu  dimulai dari kanan.

Oleh karena itu, untuk memotong kuku pun sebaiknya dilakukan dari tangan kanan. Untuk lebih jelasnya, Abdul Aziz Sa'dua menyampaikan dalam bukunya “Jangan Remehkan Amalan-Amalan Ringan” tentang tata cara potong kuku berikut ini.

1. Jari telunjuk bagian tangan kanan

2. Jari tengah bagian tangan kanan

3. Jari manis bagian tangan kanan

4. Jari kelingking bagian tangan kanan

5. Jari kelingking bagian tangan kiri

6. Jari manis bagian tangan kiri

7. Jari tengah bagian tangan kiri

8. Jari telunjuk bagian tangan kiri

9. Ibu jari bagian tangan kiri

10. Ibu jari bagian tangan kanan

Demikian ulasan mengenai hukum memotong kuku saat puasa dan tata caranya yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI