Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Berpuasa sangat berpengaruh besar bagi kesehatan.

Eko Faizin
Senin, 18 Maret 2024 | 13:04 WIB
Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Ilustrasi manfaat puasa bagi kesehatan. [Freepik]

SuaraRiau.id - Umat Islam tengah menjalani ibadah puasa Ramadan saat ini. Puasa sangat erat kaitannya dengan kesehatan, kesehatan jasmani maupun rohani. 

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah ra, Rasuullah SAW pernah bersabda yang artinya: Berperanglah niscaya kalian akan mendapatkan harta rampasan, berpuasalah maka kalian akan sehat, dan bersafarlah maka kalian akan kaya (HR At-Thabarani). 

Setelah diteliti para ilmuwan, yang disampaikan Rasulullah sekitar 1400 tahun yang lalu terbukti kebenarannya. Berpuasa sangat berpengaruh besar bagi kesehatan. 

Mengutip laman nu.or.id, di antara manfaat puasa yakni dengan tidak makan dan tidak minum dari terbit fajar (sahur) sampai terbenam matahari (berbuka), maka organ tubuh seperti usus dan perut akan mendapatkan fase istirahat. 

Dengan begitu dapat membantu detoksifikasi atau biasa disebut dengan pengeluaran racun dari dalam tubuh. Jika orang sering berpuasa, maka racun yang ada dalam tubuh akan banyak yang keluar sehingga akan lebih sehat. 

Puasa juga dapat mengurangi kadar lemak tubuh, yang mana bila kelebihan lemak maka tubuh rawan terkena penyakit. Hal itu diamati, bila orang gemuk, maka akan gampang terkena penyakit. 

Oleh karena itu, pola makan perlu diperhatikan, di antaranya dengan sering berpuasa, agar tidak kelebihan lemak sehingga tidak gampang terkena penyakit. Rasa lapar saat berpuasa dapat mendukung sel-sel inti dalam tubuh untuk memproduksi sel darah putih baru, yang dapat digunakan untuk melawan infeksi. 

Bila seseorang sedang mengalami luka, baik luka bakar, luka sayat, luka ringan ataupun luka berat, maka akan menimbulkan infeksi, dan rasa sakit sebab infeksi akan menyebar ke tubuh yang lain. Dengan berpuasa, infeksi yang ada dalam tubuh akan mati dengan sendirinya.

Puasa dapat memberikan manfaat dalam merestart sistem kerja tubuh, sehingga menjadikannya lebih sehat. Tubuh ibarat HP yang juga restart agar tidak lemot.

Begitu juga orang berpuasa, sejatinya sedang menginstal ulang atau me-restart tubuh agar tidak lemot, sehingga semangat dalam menjalankan ibadah.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Lifestyle

Terkini