Doa Ramadhan 2024 Hari Ke 8 dan 9, Tingkatkan Keimanan di Bulan Puasa

Doa puasa Ramadhan tak hanya sekedar untuk menambah pahala, tapi juga meningkatkan keimanan. Untuk itu, jangan lupa amalkan doa Ramadhan 2024 hari ke 8 dan 9 di bawah ini.

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 19 Maret 2024 | 08:05 WIB
Doa Ramadhan 2024 Hari Ke 8 dan 9, Tingkatkan Keimanan di Bulan Puasa
Ilustrasi Berdoa - Doa Ramadhan 2024 Hari Ke 8 dan 9 (Pexels)

Suara.com - Puasa Ramadhan 2024 akan memasuki hari ke 8 dan 9, dimana terdapat doa yang disunnahkan untuk dipanjatkan. Doa ini tak hanya sekedar untuk menambah pahala, namun juga sebagai ungkapan permohonan di bulan yang suci ini. Untuk itu, jangan lupa amalkan doa Ramadhan 2024 hari ke 8 dan 9 di bawah ini.

Diketahui, doa Ramadhan yang dianjurkan untuk dibaca pada hari pertama hingga hari terakhir puasa Ramadhan merupakan doa harian yang bisa meningkatkan keimanan kepada Allah SWT di bulan puasa. Doa yang dipanjatkan di bulan suci Ramadhan ini tak hanya melipatgandakan pahala, namun juga membuat jiwa kita tenang selama menjalankan ibadah puasa.

Saat ini puasa ramadhan sudah memasuki hari ke 8 yang jatuh pada Selasa, 19 Maret 2024 dan berikutnya memasuki hari ke 9 yang jatuh pada Rabu, 20 Maret 2024. Nah, sebagai persiapan memasuki Ramadhan hari ke 8 dan 9, mari simak bacaan doa berikut. 

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-8

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ فِيْهِ رَحْمَةَ الأَيْتَامِ وَ إِطْعَامَ الطَّعَامِ وَ إِفْشَاءَ السَّلاَمِ وَ صُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَا مَلْجَأَ الآمِلِيْنَ 

Allâhummarzuqnî fîhi rahmatal aytâm wa it’âmitha’âm wa ifsyâis salâm wa suhbatil kirâm bithawlika yâ malja-al âmilîn 

Artinya : Ya Allah, anugrahilah kepada kami rasa sayang terhadap anak-anak yatim dan suka memberi makan (orang miskin) serta menyebarkan kedamaian dan bergaul dengan orang-orang mulia dengan kemurahanmu wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap 

Doa Hari ke 9 Ramadhan

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لِيْ فِيْهِ نَصِيْبًا مِنْ رَحْمَتِكَ الْوَاسِعَةِ وَ اهْدِنِيْ فِيْهِ لِبَرَاهِيْنِكَ السَّاطِعَةِ وَ خُذْ بِنَاصِيَتِيْ إِلَى مَرْضَاتِكَ الْجَامِعَةِ بِمَحَبَّتِكَ يَا أَمَلَ الْمُشْتَاقِيْنَ 

Allâhummaj’allî fîhi nashîban min rahmatikal wâsi’ah wahdinî fîhi libarâhînikas sâthi’ah wa khudz binâshiyatî ilâ mardhâtikal jâmi’ah bimahabbatika yâ amalal musytâqîn 

Artinya : Ya Allah! Anugerahilah untukku sebagian dari rahmat-MU yang luas, dan berikanlah aku petunjuk kepada ajaran- ajaran-MU yang terang, dan bimbinglah aku menuju kepada keridhaan-MU yang penuh dengan kecintaan-MU, Wahai harapan orang-orang yang merindu 

Doa Orang Berpuasa Diijabah

Dijelaskan bahwa, orang yang berpuasa di bulan suci Ramadhan niscaya doa-doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menerangkan ada tiga macam doa yang sangat mustajab, yakni doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan juga doa orang yang teraniaya. 

Dalam hadits lainnya juga dijelaskan: "Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: Tiga orang yang doanya tidak tertolak yaitu pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya." 

Selain itu, disebutkan dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (Jilid 7: halaman 278), orang yang melaksanakan ibadah puasa maka doanya akan diijabah sebab orang yang berpuasa sudah selesai  menjalankan ibadah puasanya. Bahkan, orang-orang yang puasa juga cenderung dalam keadaan bersimpuh di hadapan Allah SWT, serta pengabul doa. 

Adapun doa yang dipanjatkan ini bisa doa apa saja, termasuk doa puasa Ramadhan hari ke 8 dan 9. Sebab doa tersebut merupakan bentuk permohonan dan ampunan kepada Allah SWT agar kita selamat dan bahagia di dunia maupun akhirat. 

Itu tadi bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 8 dan 9 yang dapat diamalkan umat muslim saat menjalankan ibadah puasa. Semoga dengan mengamalkan doa di atas, segala hajat kita dikabulkan Allah SWT.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI