Jadwal Buka Puasa Cilegon Banten Rabu 20 Maret 2024, Cek di Sini!

SuaraBanten.id menyuguhkan jadwal buka puasa Cilegon Banten dan jadwal salat Cilegon.

Hairul Alwan
Rabu, 20 Maret 2024 | 17:00 WIB
Jadwal Buka Puasa Cilegon Banten Rabu 20 Maret 2024, Cek di Sini!
Ilustrasi Jadwal Buka Puasa Cilegon Banten- Pedagang melayani pembeli makanan di Pasar Takjil Bendungan Hilir, Jakarta, Rabu (13/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

SuaraBanten.id - Menginjak hari ke-9 bulan Ramadan 2024 / 1445 H, umat muslim tentu masih menjalani puasa Ramadan dengan penuh semangat. Umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah di bulan suci Ramadan.

Melalui tulisan ini SuaraBanten.id menyuguhkan jadwal buka puasa Cilegon Banten hari ini, Rabu (20/3/2024). Jadwal buka puasa Cilegon Banten itu juga berisi jadwal salat Cilegon.

Diketahui, jadwal buka puasa Cilegon Banten itu di dapat dari laman resmi Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam). Jadwal Buka Puasa Cilegon Banten 9 Ramadhan 2024 / 20 Maret 2024:

  • SUBUH 04:45
  • ZUHUR 12:07
  • ASAR 15:16
  • MAGRIB 18:10
  • ISYA' 19:18

Seperti diketahui jadwal buka puasa bertepatan dengan waktu salat Magrib. Karenanya, jadwal buka puasa Cilegon Banten hari ini pukul 18.10 WIB

Ketika buka puasa, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa. Ini merupakan salah satu amalan yang disunahkan saat bulan Ramadhan. Umat Islam pun disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa.

Bacaan Latin Doa Buka Puasa

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadamu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Membaca doa untuk adalah bentuk rasa syukur kita atas segala rahmat dan anugrah yang diberikan kepada kita. Ada beberapa alasan mengapa kita harus membaca doa buka puasa, diantaranya adalah:

1. Rasa Syukur

Setelah menjalankan puasa, kita menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala rizqi yang dilimpahkan dengan cara berdoa sebelum berbuka. Rasa terima kasih atas pemberian rezeki sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk menyantap makanan berbuka. Bagi setiap Muslim mengingat tuhan setiap waktu adalah bentuk dari ketakwaan

2. Meningkatkan Kesabaran

Membaca doa sebelum menyantap makanan buka puasa adalah bentuk rasa sabar kita, semakin sering kita berpuasa maka akan semakin tinggi juga rasa sabar kita.

Contohnya adalah ketika kita tidak terburu-buru dalam mengambil dan memakan makanan saat berbuka, ini adalah bagian dari melatih rasa disiplin, kesabaran dan ketenangan batin

3. Meningkatkan Ketakwaan

Rasa sabar dan syukur adalah latihan kita dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, tujuan kita meningkatkan ketakwaan adalah semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta. Kita selalu berdoa agar setiap kehidupan kita senantiasa dilimpahkan rezeki dan rahmatnya.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak