Buya Yahya: Jangan Sepelekan Salat Badiah Isya

Buya Yahya menjelaskan, pahala salat tarawih tidak lebih besar dari salat ba'diyah isya yang kerap dilupakan.

Hairul Alwan
Rabu, 20 Maret 2024 | 18:14 WIB
Buya Yahya: Jangan Sepelekan Salat Badiah Isya
Pemerintah Kota Makassar menggelar salat subuh berjemaah di Anjungan Pantai Losari [SuaraSulsel.id/Istimewa]

SuaraBanten.id - Saat ini umat muslim tengah menjalani bulan Ramadan yang penuh keberkahan. Banyak yang berlomba-lomba melakukan kebaikan serta menjalankan ibadah karena pahala akan dilipat gandakan yang salah satunya salat tarawih.

Tak hanya ibadah wajib, para umat muslim juga akan memperbanyak ibadah sunah seperti salat tarawih karena sholat ini hanya ada pada bulan ramadhan saja. Hal tersebut dibahas oleh pendakwah Buya Yahya.

Buya Yahya menjelaskan, pahala salat tarawih tidak lebih besar dari salat ba'diyah isya yang kerap dilupakan.

Hal tersebut terungkap dala sebuah video pendakwah Buya Yahya dalam unggahan akun TikTok @nennysugesti. Ia menyebut bila sholat ba'diyah isya lebih besar pahalanya daripada sholat tarawih.

"Sholat ba'diyah isya itu pahalanya lebih gede daripada sholat tarawih," ucap Buya.

"Anehnya meninggalkan ba'diyah isya lalu dia melakukan sholat tarawih, lebih bagus sholat ba'diyah isya nya," sambungnya lagi.

Buya Yahya menjelaskan bahwa shalat ba'diyah isya termasuk dalam sholat sunnah yang memiliki keutamaan dan pahalanya bernilai besar.

"Berarti mungkin dia melakukan seperti itu karena tidak mengerti. Jika di tempat anda orang seperti itu mungkin ustaznya tidak mengerti ilmu jadi habis sholat isya langsung tarawih," kata Buya Yahya.

"Karena ba'diyah isya termasuk sholat rawatib tidak bisa dikalahkan dengan sholat tarawih,. Sebab tarawih itu tempatnya di bawah ba'diyah isya," imbuhnya.

Meskipun banyak di berbagai masjid hanya melakukan sholat tarawih Buya Yahya menjelaskan bila sholat ba'diyah isya bisa dikerjakan setelahnya.

"Makanya inilah kalau orang beribadah itu gak pake ilmu itu seperti itu, pinginnya melakukan yang terbaik tapi pahalanya lebih sedikit," ungkapnya.

"Maka karna imamnya tidak mengerti langsung melakukan sholat tarawih maka anda ikut tarawih bersama mereka dan setelah selesai tarawih anda masih bisa melakukan sholat ba'diyah isya," pungkas Buya Yahya.

Sholat sunnah ba'diyah sendiri adalah sholat sunnah rawatib yang dikerjakan setelah sholat fardhu.

Kontributor : Mira puspito

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini