Bacaan Doa Qunut Witir Ramadan dan Artinya, Apa Bedanya dengan yang Dibaca Salat Subuh

Doa qunut witir Ramadan yang dibaca pada hari ke-15 Ramadan.

Hairul Alwan
Kamis, 21 Maret 2024 | 18:25 WIB
Bacaan Doa Qunut Witir Ramadan dan Artinya, Apa Bedanya dengan yang Dibaca Salat Subuh
Ilustrasi Salat Tarawih- Bacaan doa qunut witir di Bulan Ramadan. (freepik)

SuaraBanten.id - Pada bulan Ramadan umat muslim disarankan untuk memperbanyak ibadah. Mulai dari ibadah wajib hingga sunnah yang di jalankan sepanjang hari, salah satu amalan sunnah yang dikerjakan usai Salat Isa yakni Salat Tarawih.

Kini umat muslim sudah memasuki pekan kedua bulan Ramadhan, artinya sudah mendekati 10 hari terakhir Ramadan. Untuk Salat Witir yang dilakukan di akhir Salat Tarawih, pada hari ke 15 umat muslim juga membaca doa qunut witir Ramadan.

Doa qunut dibacakan dalam sholat pada posisi berdiri setelah i’tidal sebelum sujud. Dalam sholat witir di bulan Ramadhan pun perlu membaca doa qunut. Lantas bagaimana bacaan doa qunut witir Ramadan yang kamu ketahui?

Adapun tiga doa qunut yang sering dilafalkan yakni doa qunut subuh, doa qunut witir, dan doa qunut nazilah. Simak bacaan doa qunut witir berikut ini.

Pengertian Doa Qunut

Doa qunut witir adalah doa yang dibaca pada waktu salat witir sebelum melakukan ruku' ketiga. Doa ini dibaca setelah membaca surah al-Fatihah dan surah yang lain dalam rakaat terakhir salat Witir.

Doa qunut witir memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk memohon ampunan dan rahmat Allah, memohon perlindungan dari segala macam bahaya, serta memohon keberkahan dalam hidup.

Doa qunut witir juga merupakan salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah shalat witir.

Hal tersebut didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam membaca doa Qunut dalam salat Witir.

Rasulullah SAW bersabda, "Bahwasanya Rasulullah SAW pernah qunut pada salat witir sebelum rukuk," (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Doa qunut witir sendiri memiliki beberapa versi yang bisa dibaca. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

"Allahumma ihdini fiman hadayta, wa 'afini fiman 'afayta, wa tawallani fiman tawallayta, wa barik li fima a'thoyta, wa qini syarra ma qodhoita, fa innaka taqdhi wa la yuqdha 'alayka, wa innahu la yadhillu man walayta, wa la ya'izzu man 'adta, tabarakta rabbana wa ta'alayta. A'udzu billahi minasy syaithanirrajim, wa min syarri kulli dhi ammin anta a'khidzun bina yadihi. Allahumma inna na'udzu bika min an nushrika bika shai'an na'lamuhu, wa nastaghfiruka lima la na'lamu, innaka anta allamu al-ghuyub. Allahumma solli 'ala Muhammad wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim."

Artinya, "Ya Allah, tunjukkanlah kami pada jalan yang Engkau tunjuki, selamatkanlah kami dari yang Engkau selamatkan, berilah kami perlindungan dari yang Engkau lindungi, berkahilah kami pada apa yang Engkau berikan kepada kami, dan jauhkanlah kami dari kejahatan yang Engkau tetapkan. Sungguh Engkau yang menentukan segala sesuatu dan tidak ada yang dapat menentang-Mu. Engkau tidak akan menolong orang yang Engkau jadikan sebagai musuh-Mu, dan tidak akan membiarkan orang yang Engkau jadikan sebagai teman-Mu merasa hina. Maha Suci Engkau, ya Allah, dan Mahatinggi. Aku berlindung kepada-Mu dari Setan yang terkutuk, dan dari kejahatan semua yang Engkau pegang kendalinya. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari syirik dengan-Mu, yang kami ketahui dan kami minta ampunan untuk hal-hal yang tidak kami ketahui. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui yang ghaib. Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu atas Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabatnya dan berikanlah keamanan kepada mereka."

Doa qunut witir ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dibaca ketika sholat subuh. Demikian ulasan singkat mengenai doa qunut witir beserta artinya yang dapat kamu ketahui.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini