Doa Qunut Witir Malam 15 Ramadan 2024, Lengkap dengan Riwayat yang Mendasarinya

Doa Qunut Witir dibacakan mulai malam 15 Ramadan, simak bacaan lengkapnya di sini.

Hairul Alwan
Kamis, 21 Maret 2024 | 19:15 WIB
Doa Qunut Witir Malam 15 Ramadan 2024, Lengkap dengan Riwayat yang Mendasarinya
Ilustrasi Berdoa - Doa Qunut witir malam 15 Ramadan (Pexels)

SuaraJakarta.id - Apakah Anda tahu terdapat bacaan doa qunut witir malam 15 Ramadhan 2024 yang perlu diamalkan? Mengapa pula perlu membaca doa qunut saat sholat witir?

Anjuran membaca doa qunut witir ini merujuk pada berbagai riwayat yang shahih. Dalam artikel ini akan dijelaskan dengan lengkap mulai dari riwayat yang menjadi dasar hingga bacaan doa qunut witir malam 15 Ramadhan 2024 serta artinya.

Seperti yang telah diketahui, bahwa berdasarkan keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI, puasa Ramadhan 1443 H telah dimulai sejak Selasa, 12 Maret 2024. Masyarakat juga sudah mendirikan ibadah sholat tarawih pada Senin, 11 Maret 2022 setelah isya di masjid, mushola, maupun tempat ibadah lainnya.

Kemudian, pada sholat tarawih hari ke-15 Ramadhan, umat muslim yang mengikuti pandangan mazhab Syafi’i biasanya menambahkan bacaan doa qunut di rakaat witir terakhirnya. Bacaan doa qunut witir malam 15 Ramadhan 2024 ini dibaca setelah ruku atau pada saat i'tidal sebelum melakukan sujud.

Pembacaan doa qunut witir ini merujuk pada berbagai riwayat yang menggambarkan tata cara tarawih-witir pada masa khalifah Umar bin Khattab RA. Di masa silam, Umar bin Khattab merupakan khalifah yang pertama kali menyuruh rakyatnya menjalankan salat tarawih sebanyak 20 rakaat secara berjamaah. Perkara doa qunut pada masa itu dijelaskan dalam sebuah atsar riwayat Imam Abu Daud berikut:

"Bahwasanya Umar bin Khattab berinisiatif mengumpulkan masyarakat agar sholat tarawih bersama (dengan imam) yaitu Ubay bin Ka’b, maka beliau sholat tarawih bersama mereka selama 20 malam, dan beliau tidak berdoa qunut kecuali di separuh yang kedua (malam 16 Ramadhan hingga seterusnya)", (HR Abu Daud).

Tidak hanya itu saja, pelaksanaan doa qunut pada sholat witir juga diperkuat dengan pendapat Hasan bin Ali (cucu Nabi Muhammad SAW) berikut: “Kakekku, Rasulullah SAW mengajarkan beberapa kalimat yang dibaca ketika qunut dalam sholat witir", (HR Ibnu Majah).

Doa Qunut Witir Malam 15 Ramadhan 2024

Berikut ini adalah lafal doa qunut witir berjamaah lengkap dalam bahasa latin beserta artinya:

"Allahummahdini fiiman hadayt, wa ‘aafinii fiiman ‘aafayt, wa tawallanii fiiman tawallayt, wa baariklii fiiman a’thoyt, waqinii syarro maa qodhoyt, wallaa yuqdhoo ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man waalayt, walaa ya’izzu man ‘aadayt, tabaarakta robbanaa wa ta’aalayt, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam".

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana Engkau memberikan petunjuk (kepada selainku), berilah keselamatan sebagaimana Engkau memberikan keselamatan (kepada selainku), rawatlah aku sebagaimana Engkau merawat orang lain, berilah keberkahan kepadaku pada semua pemberian-Mu, lindungilah aku dari kejelekan takdir-Mu, sesungguhnya Engkau menakdirkan dan tidak ditakdirkan, dan sesungguhnya tidak terhinakan orang yang menjadikan Engkau sebagai wali, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi.

Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau, wahai Rabb kami. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan, aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya".

Itulah bacaan doa qunut witir malam 15 Ramadhan 2024 yang perlu dihafalkan.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak