Doa Lailatul Qadar Arab dan Terjemahannya, Baca di Malam Ganjil Ramadhan 2024

Malam lailatul qadar merupaka malam istimewa di bulan Ramadhan. Pada malam tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk berdoa. Adapun bacaan doa lailatul qadar sebagai berikut.

Rifan Aditya Suara.Com
Jum'at, 22 Maret 2024 | 15:01 WIB
Doa Lailatul Qadar Arab dan Terjemahannya, Baca di Malam Ganjil Ramadhan 2024
Ilustrasi doa lailatul qadar (Freepik)

Suara.com - Pada bulan Ramadhan, ada malam-malam yang dikenal sebagai malam lailatul qadar. Pada malam tersebut, umat Muslim pun dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Adapun bacaan doa lailatul qadar yakni sebagai berikut.

Diketahui bahwa lailatul qadar merupakan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Bahkan, Lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan sebagaimana termaktub dalam Alquran surah Al Qadr ayat 1-5 berikut ini.

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ١ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ ٢ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ ٣ تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ ٤ سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ ٥

Innaaa anzalnaahu fii Lailatil Qadar (1), wa Maa adraaka Maa Lailatul Qadr (2), Lailatul Qadri Khairun min Alfi syahr (3), tanazzalul malaaaikatu wa ruukhu fiihaa, binirzni rabbihim min kulli Amrin (4) Salaamun hiya Hatta Mathla'il Fajar (5).

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur'an pada malam lailatul qadar, tahukah engkau apakah malam lailatul qadar itu ? Malam lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar." (QS Al Qadr: 1-5)

Adapun malam lailatul qadar ini dilaksanakan pada waktu seperti malam  pada tanggal-tanggal ganjil di sepuluh hari terakhir Ramadan. Ini tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim berikut ini.

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

Artinya: "Carilah malam lailatul qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan." (HR Bukhari dan Muslim)

Sebagai malam yang penuh barokah dan kemuliaan, umat Muslim pun dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa pada malam lailatul qadar. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini bacaan doa lailatul qadar lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.

Doa Lailatul Qadar

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan suka mengampuni. Karena itu, ampunilah aku."

Selain banyak-banyak berdoa, para ulama mazhab Syafi’i juga sepakat bahwa pada malam lailatul qadar dianjurkan banyak berdzikir, membaca Al-Qur'an, dan berdoa. Ini tercantum dalam kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar karya Imam an-Nawawi.

Lalu kapan saja malam Lailatul Qadar itu di bulan Ramadhan 2024? Jika mengacu pada hadist di atas, maka kemungkinan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan 2024 jatuh pada malam ganjil, yaitu:

  • Malam 21 Ramadhan 2024 
    Minggu, 31 Maret 2024, malam Senin, 1 April 2024 
  • Malam 23 Ramadhan 2024 
    Selasa, 2 April 2024, malam Rabu, 3 April 2024 
  • Malam 25 Ramadhan 2024 
    Kamis, 4 April 2024, malam Jumat, 5 April 2024 
  • Malam 27 Ramadhan 2024 
    Sabtu, 6 April 2024, malam Minggu, 7 Aprl 2024 
  • Malam 29 Ramadhan 2024 
    Senin, 8 April 2024, malam Selasa, 9 Aprl 2024

Demikian informasi mengenai bacaan doa lailatul qadar lengkap dengan tulisan arab, latin, artinya serta dalilnya dan amalan-amalan yang bisa dilakukan pada malam lailatul qadar. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI