Doa Ramadhan 2024 Hari Ke 12 dan 13, Mohon Ampunan dan Selalu Didekatkan kepada Allah

Bulan Ramadhan telah memasuki hari ke 12 hari ini, Jumat, 22 Maret 2024. Umat Muslim pun dianjurkan untuk membaca doa. Berikut ini bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 12 dan 13.

Rifan Aditya Suara.Com
Jum'at, 22 Maret 2024 | 15:22 WIB
Doa Ramadhan 2024 Hari Ke 12 dan 13, Mohon Ampunan dan Selalu Didekatkan kepada Allah
Ilustrasi doa Ramadhan 2024 hari ke 12 dan 13 (Freepik)

Suara.com - Hari ini Jumat 22 Maret 2024, bulan Ramadhan telah memasuki hari ke berapa? Jika mengacu pada ketetapan pemerintah maka ini adalah hari ke 11, sementara umat Muhammdiyah masuk puasa hari ke-12. Lalu doa Ramadhan 2024 apa yang dibaca?

Umat Muslim pun dianjurkan untuk membaca doa Ramadhan setiap harinya. Untuk doa hari ke-11 dapat kalian baca pada artikel"Doa Ramadhan 2024 Hari ke 11 Dilafalkan Sehabis Shalat". Sementara bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 12 dan 13 dapat kalian simak dalam penjelasan di bawah ini.

Diketahui bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat Muslim seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari mulai terbit fajar sampai matahari terbenam. Kewajiban berpuasa ini tercantum dalam Alquran dan hadis.

Untuk menyambut hari ke 12 dan 13 Ramadhan, ada bacaan doa yang bisa dipanjatkan sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah. Adapun bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 12 dan 13 yakni sebagai berikut.

Bacaan Doa Ramadhan 2024 Hari ke 12 dan 13

اللَّهُمَّ زَيِّنِّي فِيهِ بِالسِّتْرِ وَالْعَفَافِ، وَاسْتُرْنِي فِيْهِ بِلِبَاسِ الْقُنُوعِ وَالْكَفَافِ، وَاحْمِلْنِي فِيهِ عَلَى الْعَدْلِ وَالْإِنْصَافِ، وَآمِنِّي فِيْهِ مِنْ كُلِّ مَا أَخَافُ بِعِصْمَتِكَ يَا عِصْمَةَ الْخَائِفِينَ

Allahumma zayyinni fîhi bissatri wal 'afaf, wasturni fihi bilibasil qunu'i wal kafaf, wahmilnî fihi 'alal 'adli wal inshaf, wa aminni fihi min kulli ma akhafu, bi'ishmatika ya 'Ishmatal khaifin.

Artinya: Ya Allah, hiasi daku di dalamnya dengan pengampunan dan kesucian, tutupi daku di dalamnya dengan pakaian qana'ah dan rasa cukup, bawalah daku di dalamnya pada keadilan dan keseimbangan, karuniakan padaku di dalamnya rasa aman dari apa yang kutakutkan, dengan penjagaan-Mu wahai Yang Menjaga orang-orang yang ketakutan.

Memasuki hari ke 12 bulan Ramadhan 202, selain berpuasa, umat Muslim pun diharapkan agar terus mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan ibadah-ibadah sunnah. Salah satunya yakni shalat malam.

Anjuran melaksanakan ibadah sunnah shalat malam ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari berikut ini:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Siapa yang mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR Bukhari dan Muslim).

Selain shalat malam, umat Muslim juga disunnahkan untuk tadarus Alquran sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi berikut ini:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi)

Demikian ulasan mengenai bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 12 dan 13 tulisan arab, latin dan artinya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI