Bacaan Doa Ramadhan 2024 Hari Ke 13 dan 14 Sesuai Hadis dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Apa bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 13 dan 14? Diketahui, Rasulullah SAW agar senantiasa berdoa pada bulan Ramadhan, termasuk baca doa pada hari ke 13 dan 14 Ramadhan.

Rifan Aditya Suara.Com
Minggu, 24 Maret 2024 | 10:50 WIB
Bacaan Doa Ramadhan 2024 Hari Ke 13 dan 14 Sesuai Hadis dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 13 dan 14 (Freepik)

Suara.com - Apa bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 13 dan 14? Seperti yang telah diajarkan Rasulullah SAW bahwa pada bulan Ramadhan dianjurkan untuk banyak berdoa, termasuk baca doa pada hari ke 13 dan 14 Ramadhan.

Anjuran berdoa pada bulan Ramadhan ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim yang bunyi hadisnya seperti berikut ini:

“Rabb kita turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain dalam hadis di atas, anjuran berdoa pada saat berpuasa juga tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah berikut ini:

“Sungguh orang yang berpuasa mempunyai doa yang dikabulkan dan tidak akan ditolak tatkala berbuka puasa. " (HR Ibnu Majah)

Itulah mengapa memasuki hari ke 13 dan 14 Ramadhan, umat Muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Nah untuk lebih jelasnya, simak berikut ini  bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 13 dan 14.

Doa Ramadhan 2024 Hari Ke 13 Dan 14

اَللَّهُمَّ طَهِّرْنِيْ فِيْهِ مِنَ الدَّنَسِ وَ الْأَقْذَارِ وَ صَبِّرْنِيْ فِيْهِ عَلَى كَائِنَاتِ الْأَقْدَارِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِلتُّقَى وَ

صُحْبَةِ الأَبْرَارِ بِعَوْنِكَ يَا قُرَّةَ عَيْنِ الْمَسَاكِيْنِ

Allahumma thahhirni fihi minaddanasi wal aqdzar wa sabbirni fihi 'ala kainatil aqdari wawaffiqni fihi littuqa wa suhbatil abrar bi'aunika ya qurrata 'ainil masakin.

Artinya: “Ya Allah, mohon sucikanlah diri kami di bulan ini dari segala nista dan perbuatan keji. Berilah aku kesabaran atas apa yang telah Engkau tetapkan. Anugerahkan kepada kami ketakwaan dan persahabatan dengan orang-orang yang baik dengan pertolongan-Mu, wahai cahaya hati orang-orang yang miskin.”

Bacaan doa di atas dibaca pada hari ke 13 Ramadhan 2024. Sedangkan untuk Ramadhan hari ke 14, berikut ini bacaan doa yang bisa diamalkan.

 
اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ فِيْهِ بِالْعَثَرَاتِ وَ أَقِلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْخَطَايَا وَ الْهَفَوَاتِ وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ فِيْهِ غَرَضًا لِلْبَلايَا وَ

الآفَاتِ بِعِزَّتِكَ يَا عِزَّ الْمُسْلِمِيْنَ

Allahumma la tuakhidznî fihi bil ‘atsarati wa aqilnî fihi minal khathaya wal hafawati wa la taj’alni fîhi gharadhan lilbalaya wal afat bi’izzatika ya ‘izzal muslimin.

Artinya: “Ya Allah, mohon Janganlah Engkau tuntut dari kami di bulan ini semua kesalahan yang aku lakukan. Hapuskan seluruh kesalahan dan kebodohanku. Hindarkan aku dari bencana dan malapetaka. Demi kemuliaan-Mu wahai sandaran kemuliaan kaum Muslimin.”

Demikian informasi bacaan doa Ramadhan 2024 hari ke 13 dan 14 lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya. Yuk amalkan dan semoga Allah SWT mengijah segala doa-doa kita di bulan Ramadhan ini.

Kontributor : Ulil Azmi

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI