Contoh Teks Ceramah Singkat Bulan Ramadhan 2024, Keutamaan Segera Berbuka Puasa

Ini dia contoh teks ceramah seputar Ramadhan 2024 dengan tema menyegerakan berbuka

Rifan Aditya Suara.Com
Minggu, 24 Maret 2024 | 15:51 WIB
Contoh Teks Ceramah Singkat Bulan Ramadhan 2024, Keutamaan Segera Berbuka Puasa
ilustrasi khutbah, ceramah, kultum (pexels) - contoh ceramah bulan Ramadhan 2024

Suara.com - Salah satu kegiatan yang semakin ramai dilakukan di bulan Ramadhan adalah berdakwah atau ceramah. Contoh ceramah bulan Ramadhan 2024 banyak dicari referensinya dengan berbagai tema

Pasalnya, ada lebih banyak waktu di bulan Ramadhan 2024 untuk mendengarkan kultum dan ceramah. Seperti saat tarawih, perayaan Nuzulul Qur'an, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ditunjuk menjadi pengisi ceramah, tentu saja sudah menjadi hal yang wajar untuk mempersiapkannya sebaik mungkin. Apabila Anda mencari contoh ceramah bulan Ramadhan 2024, simak informasi berikut.

Contoh teks ceramah di bulan Ramadhan 2024

Tema: Keutamaan untuk menyegerakan berbuka puasa


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Marhaban ya Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah. Di bulan ini, kita diberi kesempatan untuk berpuasa, beribadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu ibadah yang kita lakukan adalah berpuasa, dan ada satu hal penting dalam berpuasa yang ingin saya bahas hari ini, yaitu menyegerakan berbuka.


Rasulullah SAW bersabda dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, "Umatku akan selalu dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." Ini menunjukkan betapa pentingnya menyegerakan berbuka puasa. 


Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُۗ وَمَ


Syahru ramadhanaladzi unzila fiihil-qur’aanu hudal lin-naasi wa bayyinatin minal-hudaa wal-furqaan, fa man syahida mingkumsy-syahra falyashum-h.

"Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah."


Dalam ayat tersebut, berbuka puasa adalah bagian dari berpuasa. Jadi, ketika kita menyegerakan berbuka, kita sebenarnya sedang menjalankan perintah Allah SWT. Maka, sudah sewajarnya kita menyempatkan untuk membatalkan puasa secepat mungkin di tengah-tengah kesibukan.

Mari kita jadikan Ramadhan ini sebagai momentum untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mari kita sambut waktu berbuka dengan penuh kegembiraan dan syukur, karena itu adalah tanda dari rahmat dan kasih sayang Allah SWT kepada kita.

Akhir kata, semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan mendapatkan segala keberkahan di bulan Ramadhan ini. Aamiin.

Demikiian contoh naskah ceramah bulan Ramadhan 2024 dengan tema keutamaan untuk menyegerakan berbuka puasa, semoga membantu

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI