Contoh Kultum Ramadhan Singkat Tentang Nuzulul Quran dan Keutamaannya

Ini dia contoh kultum Ramadhan singkat tentang Nuzulul Quran.

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 26 Maret 2024 | 15:41 WIB
Contoh Kultum Ramadhan Singkat Tentang Nuzulul Quran dan Keutamaannya
ilustrasi khutbah, ceramah, kultum (pexels) - Contoh Kultum Ramadhan Singkat Tentang Nuzulul Quran

Suara.com - Nuzulul Quran merupakan salah satu keistimewaan yang terjadi di bulan Ramadhan. Pasalnya, di malam ke 17 Ramadhan inilah Rasulullah SAW pertama kali menerima wahyu dari-Nya.

Dengan begitu, tak heran jika Nuzulul Quran menjadi salah satu tema kultum yang selalu digunakan di bulan Ramadhan.

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang bertugas memberikan kultum di bulan Ramadhan dengan tema Nuzulul Quran? Jika iya, simak contohnya berikut.

Contoh Teks Kultum Ramadhan Singkat tentang Nuzulul Quran

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah SWT, Tuhan semesta alam, yang telah memberikan kita kesempatan dan keberkahan untuk berkumpul di sini pada malam yang penuh berkah ini.

Marilah kita panjatkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, utusan Allah yang telah menjadi teladan bagi seluruh umat manusia.

Dengan hati yang penuh rasa syukur dan kerendahan, mari kita bersama-sama merenungkan makna dan hikmah dari momen yang mulia, Nuzulul Quran, malam turunnya wahyu suci yang membawa petunjuk bagi seluruh umat manusia.

Sesungguhnya, dalam firman-Nya yang mulia, Allah SWT menggambarkan keistimewaan malam Nuzulul Quran dalam Surah Al-Qadr (97:1-3), yang berbunyi

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِلَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Innaa anzalnahu fi lailatil-qadr, wa maa adraaka maa lailatul-qadr, lailatul-qadri khairum min alfi syahr.

Artinya:  "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."

Dari ayat-ayat yang mulia ini, kita merasakan keagungan malam tersebut yang melebihi ribuan bulan.

Saudara-saudaraku yang terhormat, momen Nuzulul Quran menawarkan pelajaran yang amat berharga bagi kita semua.

Pertama-tama, kita diajak untuk menghargai dan merenungkan momen-momen penting yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dalam sejarah Islam. Nuzulul Quran adalah salah satu dari momen tersebut yang menuntun kita untuk memperkaya makna spiritual kita.

Kedua, adalah pentingnya memahami dan menerapkan ajaran yang terkandung dalam Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari.

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرً

Inna haadzal-qur’aana yahdii lillatii hiya aqwamu wa yubasysyirul-mu’miniinalladziina ya’malunash-shalihati anna lahum ajrag kabiiraa.

Artinya "Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus." Oleh karena itu, marilah kita jadikan Al-Quran sebagai petunjuk utama dalam mengarungi bahtera kehidupan ini.

Momen Nuzulul Quran juga menegaskan pentingnya meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW, utusan Allah yang diberi tugas untuk menyampaikan wahyu-Nya kepada umat manusia. Dialah teladan sempurna dalam menjalankan ajaran Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bulan Ramadhan yang mulia ini, mari kita tingkatkan ketaatan kita kepada Al-Quran. Marilah kita mendalami makna-makna yang terkandung di dalamnya dan berusaha sungguh-sungguh untuk menjalankan ajaran-ajaran-Nya dalam setiap langkah hidup kita. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kekuatan dan petunjuk untuk terus mendekatkan diri kepada-Nya melalui Al-Quran yang suci. Aamiin.

Itulah contoh kultum Ramadhan singkat tentang Nuzulul Quran yang bisa menjadi referensi anda ketika ceramah atau khutbah.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI