Daftar Jalan Tol Gratis Selama Mudik Lebaran 2024, Catat Lokasi dan Jadwalnya

Menjelang mudik lebaran 2024 pemerintah akan menggratiskan sebagian ruas jalan tol fungsional. Ini dia daftar tol gratis selama mudik lebaran 2024.

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 26 Maret 2024 | 21:03 WIB
Daftar Jalan Tol Gratis Selama Mudik Lebaran 2024, Catat Lokasi dan Jadwalnya
Ilustrasi Jalan Tol - Daftar Tol Gratis Selama Mudik Lebaran 2024 (Freepik)

Suara.com - Menjelang mudik lebaran 2024 pemerintah akan menggratiskan sebagian ruas jalan tol melalui pembukaan jalur tol secara fungsional. Fasilitas tersebut digunakan sebagai cara atau alternatif jalur yang tersedia untuk perjalanan mudik sekaligus menekan angka kepadatan. Ini dia daftar tol gratis selama mudik lebaran 2024. 

Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga seperti yang dikutip pada Selasa (26/3/2024), menjelaskan fasilitas ini dilengkapi dengan infrastruktur seperti jalan tol biasa, empat ruas tol tersebut bisa digunakan masyarakat secara gratis.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa, masyarakat tidak bisa menggunakan jalur tol fungsional ini selama 24 jam. Sebab, akan ada ketentuan khusus ketika pengoperasian tol fungsional tersebut. 

Operasional keempat jalur fungsional ini tidak bersifat kontinu, tetapi dijalankan sesuai kebijakan pihak kepolisian berdasarkan tingkat kepadatan lalu lintas. Lantas dimana saja jalan tol yang gratis selama mudik lebaran 2024? Simak daftarnya berikut ini. 

Daftar Tol Gratis Selama Mudik Lebaran 2024 

Setidaknya ada 8 jalan tol fungsional untuk mudik lebaran 2024, berikut daftarnya: 

1. Jakarta-Cikampek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara 8,5 Km (arus balik) 

Jalur ini digunakan sebagai alternatif mengurangi kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang sangat padat keandaraan terutama saat nudik. Adapun jalur ini akan dibuka untuk mengalirkan arus balik dari arah Bandung serta daerah sekitar yang menuju Jakarta. 

2. Tambah lajur di Palikanci 

Jasa Marga juga telah menyiapkan satu jalur tambahan, sehingga totalnya menjadi tiga lajur, tepatnya berada di Jalan Tol Palikanci dari KM 208+150 sampai KM 210+190. Adapun panjang jalur tambahan ini sekitar 2,04 KM. 

3. Cipularang KM 99 

Bila nantinya ada permintaan dari pihak kepolisian, Jasa Marga kemungkinan akan mengaktifkan akses tol di KM 99 Jalan Tol Cipularang baik itu arah Jakarta ataupun Bandung. 

4. Solo-Yogyakarta 

Ruas jalur fungsional dari arah Colomadu sampai Ngawen akan diperluas sepanjang 22,3 kilometer. Saat mudik lebaran tahun 2023 lalu, ruas jalur yang diaktifkan hanya sepanjang 13 kilometer dari wilayah Kartasura hingga Karanganom. 

Jalur tersebut terhubung dengan Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali lalu terhubung lagi dengan Jalan Nasional Yogya-Solo.

Adapun jam operasionalnya mulai pukul 06.00 - 17.00 pada tanggal 5-11 April 2024 (untuk arus mudik) dan tanggal 12-15 April 2024 (untuk arus balik) khusus kendaraan golongan 1 seperti halnya sedan, jip, pikap/truk kecil, kecuali bus. 

5. Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 28 (Cikeas - Cibitung) 19,65 Km 

6. Tol Bangkinang - Koto Kampar seksi Bangkinang-Koto Kampar dengan panjang 24,7 Km 

7. Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi - Parapat Seksi 2 (Kuala Tanjung - Indrapura) dengan panjang 9,47 Km dan Seksi 3-4 (Tebing Tinggi Sinaksak) sepanjang 47,15 Km 

8. Tol Indrapura Kisaran Seksi 2 (Lima Puluh Kisaran] dengan panjang 32.15 Km 

Nah itu tadi informasi seputar daftar tol gratis selama mudik lebaran 2024. Semoga bermanfaat dan perjalanan mudik Anda lancar sampai tujuan!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI