Bacaan Doa Qunut Sholat Witir dalam Tarawih dan Hukumnya Saat Malam Ramadhan 2024

Apakah doa qunut sholat witir bacaannya sama seperti ketika salat subuh? Bagaimana tata cara membacanya? Dan bagaimana pula hukum baca doa qunut sholat witir?

Rifan Aditya Suara.Com
Rabu, 27 Maret 2024 | 07:00 WIB
Bacaan Doa Qunut Sholat Witir dalam Tarawih dan Hukumnya Saat Malam Ramadhan 2024
Ilustrasi Bacaan Doa Qunut Sholat Witir dalam Tarawih dan Hukumnya Saat Malam Ramadhan 2024 (Pexels)

Suara.com - Bulan Ramadhan 1445 H/2024 telah berjalan separuh waktu. Artinya dalam menjalankan sholat witir sebaiknya mulai ditambahi dengan doa qunut. Maka dari itu perlu diketahui bacaan doa qunut sholat witir tersebut.

Apakah doa qunut sholat witir bacaannya sama seperti ketika salat subuh? Bagaimana tata cara membacanya? Dan bagaimana pula hukum baca doa qunut sholat witir?

Sholat witir sebagai rangkaian ibadah tarawih memiliki keutamaan pada lima belas hari terakhir bulan Ramadhan, yaitu dengan membaca doa qunut. Adapun bacaan doa qunut-nya sama seperti saat waktu subuh.

Bacaan Doa Qunut Sholat Witir

للّهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنَا فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنَا فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لًنَا فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنَا شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ

Allahummahdina fi man hadait. Wa’afina man’afair. Wa tawallana fi man tawallait. Wa bariklana fi ma a’thait. Wa qina syarra ma qadhait. Fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik. Wa innahu la yazill uman walait. Wa la ya izzu man’adait. Tabarakta rabbana wa ta’alait. Fa lakal hamdu a’la ma qadhait. Wa astaghfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa’ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya Ya Allah, berikanlah petunjuk pada kami sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berikanlah kesehatan pada kami sebagaimana mereka yang Engkau sudah beri kesehatan. Dan peliharalah kami sebagaimana orang yang telah Kau peliharakan. Dan berilah keberkahan pada kami pada apa-apa yang sudah Kau karuniakan.Dan selamatkan kami dari bahaya kejahatan yang Kau telah tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tiada hina orang yang Kau pimpin. Dan tiada mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau hukumkan. Aku mohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat pada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera untuk junjungan kami, Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya.

Tata Cara Baca Qunut Sholat Witir

Biasanya, doa qunut sholat witir sebaiknya dilakukan hanya pada malam-malam tertentu. Misalnya seperti pada malam 27 Ramadhan atau pada malam-malam ganjil 10 hari terakhir Ramadhan.

Qunut ini dibaca setelah ruku’ atau itidal pada rakaat terakhir dalam sholat witir. Setelah "samiallah huliman hamidah" kemudian anda membaca:

  • Robbanaa lakal hamdu
    Artinya: Wahai Rabb kami, bagi-Mu segala puji

Sementara doa itidal versi panjangnya adalah:

  • Rabbanaa lakal hamdu mil-as samaawaati wa mil-al ardhi wa mil-a maa syi’ta min syai-in ba’du
    Artinya: Allah mendengar orang yang memuji-Nya. Ya Allah segala puji bagi-Mu, pujian sepenuh langit, sepenuh bumi, sepenuh apa yang Engkau inginkan lebih dari itu semua.

Baru kemudian anda membaca doa qunut. Jangan buru-buru melakukan gerakan sujud.

Hukum Baca Qunut Sholat Witir

Melansir dari lama NU Online, kebiasaan membaca qunut di bulan Ramadhan sebenarnya sudah berlangsung sejak zaman sahabat nabi. Imam al-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menjelaskannya seperti berikut.

ويستحب القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه: أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث: في جميع السنة، وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل

Artinya: Menurut kami, disunnahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga kalangan (Syafi’iyyah) yang berpendapat disunnahkan qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian, ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan di seluruh sholat sunnah, ini menurut Madzhab Abu Hanifah. Namun, yang baik menurut madzhab kami adalah model pertama, yaitu qunut di separuh akhir Ramadhan.

Hukum membaca doa qunut saat sholat witir sebenarnya masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Sebagian ulama mengatakan bahwa membaca doa qunut dalam sholat witir hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan).

Sementara yang lain menyebut tidak perlu dibaca lantaran tidak diwajibkan. Dengan begitu, kembali pada keyakinan anda.

Namun hakikat bulan Ramadan adalah meningkatkan ibadah dan keimanan. Sehingga sudah sewajarnya jika kita meningkatkan amalan-amalan yang pada bulan-bulan lainnya mungkin tidak pernah dilakukan.

Salah satunya adalah melakukan sholat malam yaitu tarawih dan witir dan kemudian dilengkapi dengan doa qunut. Demikian ketentuan baca doa qunut sholat witir dalam tarawih selama Ramadhan.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI