Nuzulul Quran 2024 Kapan? Malam Ini Baca Doa Khusus dan Al-Quran

Beberapa momen penting terjadi setiap bulan Ramadhan, salah satunya perayaan Nuzulul Quran. Lantas Nuzulul Quran 2024 kapan?

Rifan Aditya Suara.Com
Rabu, 27 Maret 2024 | 17:01 WIB
Nuzulul Quran 2024 Kapan? Malam Ini Baca Doa Khusus dan Al-Quran
Ilustrasi Al-Quran - Nuzulul Quran 2024 Kapan? Malam Ini Baca Doa Khusus dan Al-Quran (Pexels)

Suara.com - Beberapa momen penting terjadi setiap bulan Ramadhan, salah satunya perayaan Nuzulul Quran. Lantas Nuzulul Quran 2024 kapan?

Apa amalan yang diamalkan ketika Nuzulul Quran? Dalam artikel ini akan dijelaskan terkait serba-serbi Nuzulul Quran 2024.

Kapan Nuzulul Quran 2024?

Untuk mengetahui jadwal Nuzulul Quran 2024, kita perlu menilik sejarahnya. Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa tersebut terjadi ketika Nabi Muhammad SAW berdiam diri di dalam Gua Hira yang berada di Bukit Jabal Nur. Kejadian ini bertepatan pada tanggal 17 Ramadhan.

Sehingga pada tahun-tahun berikutnya setiap tanggal 17 Ramadhan diperingati sebagai Nuzulul Quran. Bagaimana dengan tahun 2024 ini?

Jika berdasarkan penetapan Kementerian Agama, 1 Ramadan 1445H jatuh tanggal 12 Maret 2024, maka Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 28 Maret 2024.

Sementara itu jika mengikuti penetapan 1 Ramadan 1445H dari Muhammadiyah yaitu tanggal 11 Maret 2024. Maka Nuzulul Quran 2024 bertepatan pada tanggal 27 Maret 2024.

Doa Nuzulul Quran

Salah satu amalan yang dibaca pada Nuzulul Quran adalah membaca doa khusus. Berikut ini bacaan doa Nuzulul Quran dalam bahasa arab, latin dan artinya.

اللَّهُمَّ نَوِّرْ قُلُوبَنَا بِتِلاوَةِ الْقُرْآن، وَزَيِّنْ أَخْلَاقَنَا بِجَاهِلِ الْقُرْآن، وَحَسِّنْ أَعْمَالَنَا بِذِكْرِ الْقُرْآن، وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ بِكَرَامَةِ الْقُرْآن، وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ الْقُرْآن.

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa'til quraan.

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa'at Al-Quran".

Selain doa tersebut, bisa ditambahkan dengan doa Khatmil Al-Quran untuk memohon keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT.

Bacaan doa khatmil Al Quran:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Artinya: "Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam."

Tak hanya membaca doa-doa tersebut. Sesuai hadist, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak baca Al Quran pada malam Nuzulul Quran.

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ

Artinya: Rasulullah sawbersabda, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur'an." (HR. al-Baihaqi).

Adapun ayat-ayat Al Quran yang dianjurkan untuk dibaca ketika malam Nuzulul Quran adalah di antaranya:

  • Al Baqarah
  • An Nisa
  • Al Imran

Demikian penjelasan tentang kapan Nuzulul Quran 2024 dan doa khusus yang dapat diamalkan.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI