3 Amalan Malam Nuzulul Quran bagi Wanita Haid, Walau Tidak Puasa Tetap Dapat Pahala

Amalan apa saja yang bisa dikerjakan oleh wanita yang sedang haid di malam Nuzulul Quran?

Rifan Aditya Suara.Com
Rabu, 27 Maret 2024 | 18:32 WIB
3 Amalan Malam Nuzulul Quran bagi Wanita Haid, Walau Tidak Puasa Tetap Dapat Pahala
Ilustrasi wanita muslim, hijab, amalan malam Nuzulul Quran bagi wanita haid (freepik)

Suara.com - Malam Nuzulul Quran menjadi salah satu momen yang sangat istimewa bagi umat muslim di bulan Ramadhan. Malam Nuzulul Quran ini bisa diisi dengan cara melakukan beberapa amalan. Lalu, bagaimana dengan wanita yang sedang haid?

Perlu diketahui, malam Nuzulul Quran ada di bulan Ramadan. Selain berpuasa, di malam ini juga sangat dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan sunnah yang dapat meningkatkan keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Lantas, amalan apa saja yang bisa dikerjakan oleh wanita yang sedang haid di malam Nuzulul Quran? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Amalan Malam Nuzulul Quran bagi Wanita Haid

Wanita yang sedang haid tetap bisa mendapatkan pahala di malam Nuzulul Quran dengan melakukan beberapa amalan, apa sajakah amalan itu? 

Perlu dipahami, sholat malam memang merupakan ibadah yang terbaik yang dilakukan seorang hamba di antara bermacam-macam ibadah selama bulan Ramadan, termasuk di malam Nuzulul Quran.

Apabila seorang wanita yang haid dilarang menunaikan ibadah sholat, maka mereka masih memungkinkan untuk menghidupkan malamnya dengan ketaatan-ketaatan lainnya selain sholat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memperbanyak Membaca Sholawat

Wanita haid bisa mengisi malam Nuzulul Quran dengan cara memperbanyak membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW. Sholawat ini merupakan suatu bentuk doa dan penghormatan kepada Rasulullah SAW, dan melakukannya pada malam Nuzulul Quran akan membawa berkah.

2. Memperbanyak Berdoa kepada Allah SWT

Meskipun wanita haid tidak dapat melakukan sholat, namun mereka tetap bisa berdoa. Berdoalah dengan tulus dan memohon kepada Allah SWT untuk memberikan keberkahan, ampunan, serta petunjuk dalam hidup sehari-hari.

3. Memperbanyak Dzikir

Untuk mendapatkan keutamaan malam Nuzulul Quran, umat muslim memang sangat dianjurkan untuk memperbanyak i'tikaf di masjid dan membaca Al-Quran serta dzikir-dzikir lainnya. Bagi wanita yang sedang haid memang tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, namun mereka juga bisa memperbanyak dzikir di rumah. Seperti mengucapkan subhanallah), tahlil (lailaha illallah), tahmid (alhamdulillah) dan lain sebagainya.

Berdasarkan ulasan di atas, maka bisa diketahui bahwa wanita haid, tetap bisa meraih pahala besar di malam Nuzulul Quran, meskipun ada keterbatasan dalam ibadah seperti sholat dan puasa. Semoga informasi di atas bermanfaat. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI