Aa Gym Ungkap Peristiwa Penting yang Terjadi Pada 17 Ramadan, Bukan Hanya Waktu Turunnya Al Quran?

Momen 17 Ramadan itu disebut juga sebagai Nuzulul Quran atau waktu diturunkannya Al Quran kepada Nabi Muhammad.

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:05 WIB
Aa Gym Ungkap Peristiwa Penting yang Terjadi Pada 17 Ramadan, Bukan Hanya Waktu Turunnya Al Quran?
Ilustrasi malam Lailatul Qadar, nuzulul quran (freepik)

Suara.com - Puasa Ramadan 1445 H telah memasuki hari ke-17 pada Kamis, 28 Maret 2024. Momen pertengahan bulan Ramadan itu disebut juga sebagai Nuzulul Quran atau waktu diturunkannya Al Quran kepada Nabi Muhammad. Meski begitu, pada tanggal 17 Ramadan jugabada peristiwa penting lainnya yang juga pernah terjadi.

Pendakwah Abdullah Gymnastiar atau yang akrab dikenal Aa Gym mengungkapkan adanya tiga peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada 17 Ramadan di tahun yang berbeda. Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung, itu mengungkapkannya lewat akun Instagram pribadinya.

"Ada 3 peristiwa penting di tanggal 17 Ramadhan, antara lain: 1. Malam Nuzulul Qur'an. Malam pertama diturunkannya Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam melalui Malaikat Jibril di Gua Hira, 17 Ramadan 610 M," tulis Aa Gym pada postingannya, dikutip Kamis (28/3/2024).

Kemudian peristiwa kedua ialah terjadinya perang Badar antara umat muslim dengan kafir quraisy di Madinah. Perang itu terjadi pada 17 Ramadan tahun ke-2 Hijriyah. Aa Gym menyebut perang itu termasuk momen penting bagi umat Islam dan berhasil dimenangkan oleh Nabi Muhammad dan para pengikutnya.

"Perang pertama umat Islam yang berjumlah 313 orang melawan 1000 pasukan kafir quraisy," imbuhnya.

Peristiwa ketiga, yakni wafatnya istri Nabi Muhammad Sayyidah Aisyah.

"17 Ramadhan wafatnya wanita mulia Sayyidah Aisyah istri tercinta Nabi Muhammad. Sayyidah Aisyah adalah wanita yang sangat cerdas, sumber cahaya ilmu bagi umat Islam sepanjang zaman," pungkas Aa Gym.

Hanya saja, 17 Ramadan memabg lebih sering dikenang sebagai waktu turunnya Al Quran atau Nuzulul Quran. Dikutip dari NU Online, ada dua argumen yang bisa dijadikan dasar peringatan Nuzulul Quran dilakukan setiap 17 Ramadan. Pertama, mengacu pada Al-Qur’an surat Al-Anfal ayat 41 berikut:

Artinya: Dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Para ulama mengartikan kata “yaumul furqan” pada ayat di atas sebagai bertemunya dua pasukan Muslim dan kafir Quraisy saat perang Badar pada 17 Ramadan. Selain itu, peringatan Nuzulul Quran pada 17 Ramadan juga mengacu pada peristiwa saat Rasulullah menerima wahyu untuk pertama kalinya di Gua Hira, berupa Al-Qur’an surat Al-‘Alaq ayat 1-5.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI