Doa Puasa Hari ke 17 dan 18 Ramadhan 2024, Mohon Allah Selalu Jadi Penerang Hati

Agar kita dapat meningkatkan pahala saat menjalani puasa hari ke 17 dan 18, panjatkan doa berikut pada puasa hari ke 17 dan 18.

Rifan Aditya Suara.Com
Kamis, 28 Maret 2024 | 17:12 WIB
Doa Puasa Hari ke 17 dan 18 Ramadhan 2024, Mohon Allah Selalu Jadi Penerang Hati
Ilustrasi doa (freepik) - Doa Puasa Hari ke 17 dan 18 Ramadhan 2024,

Suara.com - Memperbanyak doa dapat meningkatkan pahala dan memungkinkan kita untuk menjadi hamba Allah Swt yang lebih mulia di sisi-Nya. Ketika bulan Ramadhan memasuki hari ke 17 dan 18, kita dianjurkan untuk melafalkan doa puasa hari ke 17 dan 18 Ramadhan 2024.

Berdoa merupakan aktifitas yang sangat dianjurkan oleh Allah Swt. Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 186, "Dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku, maka (jawablah), aku itu dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Memasuki bulan puasa Ramadhan, ada beberapa lafal doa yang dianjurkan untuk dilafalkan pada hari pertama puasa sampai hari ke tiga puluh. Khusus untuk hari ini, dikarenakan kita memasuki puasa hari ke 17 dan 18 Ramadhan 2024, berikut doa puasa hari ke 17 dan 18. 

Baca juga: Doa Puasa Ramadhan dari Hari Pertama hingga Terakhir

Doa puasa hari ke 17 Ramadhan

Hari ke 17 bulan Ramadhan juga merupakan hari yang istimewa karena hari tersebut merupakan hari Nuzulul Quran. Itu merupakan peristiwa bersejarah dalam perjalanan Muhammad menjadi Nabi.

Ia menerima wahyu untuk pertama kalinya di hari tersebut. Wahyu itu berupa membaca ayat Al Quran melalui perantara malaikat jibril. Nabi Muhammad saw menerima surat ayat pertama Al Quran yang diturunkan, yakni surat Al-Alaq ayat 1-5. 

Sehubungan dengan hal tersebut, maka doa yang dianjurkan untuk dipanjatkan pada puasa hari ke 17 adalah doa yang berhubungan dengan nuzulul quran. Berikut doa menyambut nuzulul quran. 

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur'an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur'an , selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur'an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur'an."

Selain doa tersebut, dianjurkan pula untuk melafalkan doa sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْهِ لِصَالِحِ الأَعْمَالِ وَ اقْضِ لِيْ فِيْهِ الْحَوَائِجَ وَ الآمَالَ يَا مَنْ لاَ يَحْتَاجُ إِلَى التَّفْسِيْرِ وَ

السُّؤَالِ يَا عَالِمًا بِمَا فِيْ صُدُوْرِ الْعَالَمِيْنَ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ

Allâhummah dinî fîhi lishâlihil a’mâli waqdhi lî fîhil hawâija wal âmâla yâ man lâ yahtâju ilat tafsîr was suâli yâ ‘âliman bimâ fî shudûril ‘âlamîn shalli ‘alâ muhammadin wa âlihith thâhirîn

Artinya, “Ya Allah anugerahilah aku di bulan ini untuk bisa berperilaku yang baik dan kabulkanlah semua hajat dan keinginanku. Wahai yang tidak memerlukan penjelasan dan pertanyaan. Wahai yang Maha mengetahui apa yang ada di dalam alam ini. Anugerahilah selawat dan salam bagi Muhammad SAW dan keluarganya yang suci.”

Doa puasa hari ke 18 Ramadhan

Selanjutnya, doa puasa hari ke 18 Ramadhan 2024, dianjurkan untuk melafalkan doa berikut setiap kali selesai melaksanakan sholat fardhu. 

اَللَّهُمَّ نَبِّهْنِيْ فِيْهِ لِبَرَكَاتِ أَسْحَارِهِ وَ نَوِّرْ فِيْهِ قَلْبِيْ بِضِيَاءِ أَنْوَارِهِ وَ خُذْ بِكُلِّ أَعْضَائِيْ إِلَى اتِّبَاعِ آثَارِهِ

بِنُوْرِكَ يَا مُنَوِّرَ قُلُوْبِ الْعَارِفِيْنَ

Allâhumma nabbihnî fîhi libarakâti ashârihi wa nawwir fîhi qalbî bidhiyâi anwârihi wa khudz bikulli a’dhâî ilat tibâ’I âtsârihi binûrika yâ munawwiral qulûbi.

Artinya, “Ya Allah, sadarkanlah aku untuk mengetahui berkat yang ada pada waktu sahur. Terangilah hatiku dengan cahaya-Mu yang lembut. Jadikanlah seluruh anggota badanku dapat mengikuti cahaya itu. Wahai Penerang hati sanubari.”

Demikian itu rekomendasi doa puasa hari ke 17 dan 18 Ramadhan 2024.

Kontributor : Mutaya Saroh

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI