Doa Malam Lailatul Qadar Dibaca Malam 21, 23, 25, dan 27 Ramadhan, Ini Bacaannya

Saat tiba malam lailatul qadar, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa. Nah berikut ini bacaan doa malam lailatul qadar lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya.

Rifan Aditya Suara.Com
Minggu, 31 Maret 2024 | 15:14 WIB
Doa Malam Lailatul Qadar Dibaca Malam 21, 23, 25, dan 27 Ramadhan, Ini Bacaannya
Ilustrasi doa malam lailatul qadar (Freepik)

Suara.com - Tak terasa bulan Ramadhan sudah memasuki hari ke-20. Itu artinya, dini hari nanti umat Muslim bisa menunaikan shalat lailatul qadar di hari ke-21 Ramadhan. Usai shalat, dianjurkan untuk membaca doa malam lailatul qadar.

Diketahui, malam lailatul qadar merupakan malam yang istimewa dan penuh kemuliaan di bulan Ramadhan. Bahkan, lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan sebagaimana  termaktub dalam Alquran surah Al Qadr ayat 3.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

Artinya: "Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan." (QS Al Qadr: 3)

Waktu Datangnya Malam Lailatul Qadar

Mengenai waktunya, disebutkan dalam hadis bahwa malam lailatul qadar ini datang pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Adapun bunyi hadisnya tersebut yakni sebagai berikut:

Dari Aisyah RA, ia berkata: "Rasulullah SAW beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda, 'Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan'." (HR Bukhari dan Muslim)

Disebutkan juga dalam hadis bahwa datangnya malam lailatul qadar ini ada pada tanggal-tanggal ganjil 10 malam terakhir bulan Ramadhan yakni, 21, 23, 25, dan 27. Adapun bunyi hadisnya seperti berikut ini:

“Rasulullah SAW mengabarkan kepada kami tentang Lailatul Qadar, beliau bersabda: dia (Lailatul Qadar) di bulan Ramadhan di puluhan yang akhir yaitu malam 21, 23, 25, 27 atau malam 29, atau di akhir malam Ramadhan. Barang siapa mengerjakan bangun untuk beribadah pada malam itu karena iman dan mengharap ridho Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang. “ (HR. Ahmad)

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar

Saat tiba malam lailatul qadar, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan shalat malam dan membaca doa. Nah berikut ini bacaan doa malam lailatul qadar lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya.

اللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka 'afuwwun tuḫibbul 'afwa fa'fu 'anni'

Artinya: "Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku."

Selain bacaan doa di atas, bisa juga membaca doa berikut ini sebagaimana  dalam hadis yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi berikut ini.

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka afuwwun karimun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni ('annā jika dibaca berjamaah)

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami)."

Demikian informasi mengenai bacaan doa malam lailatul qadar lengkap dengan waktu pelaksanaannya dan dalilnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI