Doa Puasa Hari Ke 22 dan 23 Ramadhan, Agar Selalu Dibuka Pintu-pintu Berkah

Berikut ini bacaan doa puasa hari ke 22 dan 23 Ramadhan 1445H.

Rifan Aditya Suara.Com
Senin, 01 April 2024 | 17:21 WIB
Doa Puasa Hari Ke 22 dan 23 Ramadhan, Agar Selalu Dibuka Pintu-pintu Berkah
Ilustrasi doa puasa ke 22 dan 23 Ramadhan (Freepik)

Suara.com - Puasa Ramadhan telah memasuki hari ke 22 dan akan memasuki hari ke 23. Pada hari ke 22 dan 23, ada bacaan doa yang bisa diamalkan. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini bacaan doa puasa hari ke 22 dan 23 Ramadhan.

Jika mengacu pada penetapan pemerintah, dimana 1 Ramadhan 1445H jatuh pada 12 Maret 2024. Maka tanggal 1 April 2024 adalah puasa hari ke-21. Sementara berdasarkan kalender Muhammadiyah, yang mulai puasa pada 11 Maret 2024 maka hari ini adalah puasa Ramadhan ke-22.

Diketahui bahwa dianjurkan untuk berdoa bagi setiap Muslim telah disebutkan dalam Alquran, salah satunya dalam surah Ghafir ayat 60 berikut ini.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qoola Rabbukumud 'uuniii astajib lakum; innal laziina yastakbiruuna an 'ibaadatii sa yadkhuluuna jahannama daakhiriin

Artinya: “Rabb-mu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang bersikap sombong dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60)

Selain dalam Alquran, anjuran berdoa juga tertuang dalam hadis, salah satunya seperti dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi berikut ini:

إِنَّ الدُّعَاءَ يَنْفَعُ مِمَّا نَزَلَ وَمِمَّا لَمْ يَنْزِلْ فَعَلَيْكُمْ عِبَادَ اللَّهِ بِالدُّعَاءِ

“Sesungguhnya doa itu bermanfaat (memberi kebaikan) untuk yang sudah turun (terjadi) dan yang belum terjadi. Karena itu, perbanyaklah berdoa, wahai hamba Allah.” (HR. Tirmidzi)

Nah di bulan Ramadhan ini, umat Muslim pun dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa. Termasuk berdoa pada hari ke 22 dan 23 Ramadhan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini bacaan doa puasa ke 22 dan 23 Ramadhan.

Doa Hari ke 22 Puasa Ramadhan

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ فِيْهِ أَبْوَابَ فَضْلِكَ وَ أَنْزِلْ عَلَيَّ فِيْهِ بَرَكَاتِكَ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِمُوْجِبَاتِ مَرْضَاتِكَ وَ أَسْكِنِّيْ فِيْهِ بُحْبُوْحَاتِ جَنَّاتِكَ يَا مُجِيْبَ دَعْوَةِ الْمُضْطَرِّيْنَ

Allahumma-ftah li abwaba fadlika wa anzil 'alayya fîhi barakatika wa wafqni fihi li mujibati mardlatika wa askini fihi buhbuhati jannatika ya mujiba da'watil mudltharrin.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagiku di bulan ini pintu-pintu anugerah-Mu, turunkanlah kepadaku di bulan ini berkah-berkah-Mu, berikanlah taufik kepadaku di bulan ini untuk mencapai keridhaan-Mu, dan tempatkanlah aku di bulan ini di tengah-tengah surga-Mu, wahai Pengabul permintaan orang-orang yang ditimpa kesulitan.”

Bacaan doa di atas merupakan bacaan doa untuk hari ke 22 puasa Ramadhan. Sedangkan untuk hari ke 23 puasa Ramadhan, berikut ini bacaan doanya.

Doa Hari ke 23 Puasa Ramadhan

اَللَّهُمَّ اغْسِلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الذُّنُوْبِ وَ طَهِّرْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْعُيُوْبِ وَ امْتَحِنْ قَلْبِيْ فِيْهِ بِتَقْوَى الْقُلُوْبِ يَا مُقِيْلَ عَثَرَاتِ الْمُذْنِبِيْنَ

Allahummaghsilni fihi minadzdzunubi wa thahhirni fihi minal ‘uyubi wamtahin qalbi bitaqwal qulubi ya muqila ‘atsaratil mudznibina

Artinya: ”Ya Allah, sucikanlah aku dari dosa-dosa dan bersihkanlah diriku dari segala aib atau kejelekan. Tanamkanlah ketakwaan di dalam hatiku. Wahai Penghapus kesalahan orang-orang yang berdosa.”

Demikian bacaan doa puasa ke 22 dan 23 Ramadhan lengkap dengan tulisan arab, latin, artinya dan dalil anjuran berdoa. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI