Tata Cara Itikaf Ramadhan yang Benar di Masjid, Hati-hati Bagi Perempuan!

Bagi yang akan melaksanakan i'tikaf di masjid, berikut ini tata cara itikaf Ramadhan yang benar lengkap dengan waktu, amalan, hukum, syarat dan hal yang membatalkan Itikaf.

Rifan Aditya Suara.Com
Senin, 01 April 2024 | 18:09 WIB
Tata Cara Itikaf Ramadhan yang Benar di Masjid, Hati-hati Bagi Perempuan!
Ilustrasi masjid, tata cara itikaf Ramadhan yang benar lengkap (Freepik)

Suara.com - Pada 10 malam terakhir Ramadhan, umat Muslim dianjurkan melakukan berbagai amalan ibadah, salah satunya I'tikaf. Nah berikut ini tata cara itikaf Ramadhan yang benar lengkap dengan waktu, amalan, hukum, syarat dan hal yang membatalkan I’tikaf.

Diketahui bahwa I’tikaf merupakan berdiam diri di dalam masjid untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk selengkapnya, berikut ini tata cara itikaf Ramadhan yang benar mulai dari waktu, amalan, hukum, syarat dan hal yang membatalkan I’tikaf.

Waktu Pelaksanaan I’tikaf

Waktu pelaksanaan I’tikaf ini dilakuan pada malam pada 10 hari terakhir Ramddhan dengan tujuan untuk mendapatkan malam lailatul qadar. Anjuran melakukan i'tikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan ini tertuang dalam hadits berikut ini:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ

Artinya: Dari Aisyah ra, Ia mengatakan: "Sesungguhnya Nabi SAW melakukan i'tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian istri-istrinya mengerjakan i'tikaf sepeninggal beliau". (HR Bukhari dan Muslim).

Amalan-amalan saat I'tikaf

Saat melaksanakan I’tikaf, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan. Nah berikut ini amalan-amalan yang bisa dilakukan seperti yang dijelaskan Imam Nawawi dalam kitab al-Majmu' ala Syarh al-Muhadzab.

- Shalat sunnah
- Bertasbih
- Berdzikir
- Membaca Al Qur'an
- Menyibukkan diri dengan belajar, mengajar, baca, dan menulis

Hukum Melakukan I'tikaf

Hukum melaksanakan i'tikaf yaitu sunnah. Namun jika melihat dari kondisinya, maka hukum I’tikaf bisa jadi wajib, makruh, hingga haram.

Adapun hukum i’tikaf menjadi wajib jika dinadzarkan, menjadi haram jika dilakukan tanpa izin oleh seorang istri atau hamba sahaya.

Selain itu, hukum I’tikaf bisa menjadi makruh jika dilakukan oleh seorang perempuan yang bertingkah serta mengundang fitnah meskipun sudah disertai izin

Syarat I'tikaf

Bagi yang akan melaksanakan I’tikaf, ada beberapa  syaratnya yang perlu diketahui. Adapun syarat melakukan I’tikaf yakni sebagai berikut:

  • Muslim
  • Berakal
  • Suci dari hadas besar

Hal-hal yang Membatalkan I’tikaf

Penting untuk diketahui bahwa ada hal-hal yang membuat I’tikaf batal. Adapun hal-hal yang membatalkan I’tikaf yakni seperti berikut ini:

1. Berhubungan suami-istri (senggama)
2. Mengeluarkan sperma
3. Mabuk disengaja
4. Murtad
5. Haidh
6. Nifas
7. Keluar masjid saat I'tikaf tanpa alasan
8. Keluar masjid saat I'tikaf untuk memenuhi kewajiban yang dapat ditunda
9. Keluar masjid saat i'tikaf disertai alasan sampai beberapa kali karena keinginan sendiri.

Demikian penjelasan mengenai tata cara itikaf Ramadhan yang benar mulai dari waktu, amalan, hukum, syarat dan hal yang membatalkan I’tikaf. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI