Geliat Terminal Bekasi Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemudik Pilih Berangkat Jauh-jauh Hari

Sejumlah pemudik yang akan berangkat hari ini mengaku sengaja memilih pulang ke kampung halaman sepekan jelang Lebaran

Galih Prasetyo
Selasa, 02 April 2024 | 14:42 WIB
Geliat Terminal Bekasi Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemudik Pilih Berangkat Jauh-jauh Hari
Geliat Terminal Bekasi Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemudik Pilih Berangkat Jauh-jauh Hari [Suara.com/Mae Harsa]

SuaraBekaci.id - Meski belum cukup ramai, sejumlah pemudik mulai terlihat memadati di Terminal Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (1/4/2023) siang.

Pantauan SuaraBekaci.id.id, di ruang tunggu loket pembelian tiket bus nampak sejumlah pemudik tengah duduk menunggu kedatangan bus tujuannya. Mereka membawa serta barang bawaannya yang dimuat dalam tas-tas besar dan kardus.

Sejumlah pemudik yang akan berangkat hari ini mengaku, sengaja memilih pulang ke kampung halaman sepekan jelang Lebaran untuk menghindari kenaikan harga tiket bus.

Baca juga:

Seperti yang disampaikan oleh Reni (41), hari ini dia akan berangkat mudik ke Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Reni mengaku, sengaja memilih berangkat hari ini untuk menghindari kenaikan tiket bus dan kemacetan saat dalam perjalanan.

“(Alasan berangkat mudik hari ini) soalnya H-3 pasti naik harga tiketnya, terus juga katanya di kapal mulai besok itu antrian buat naiknya itu macet,” kata Reni saat ditemui di Terminal Bekasi.

Jelang Libur Tahun Baru 2024: Begini Kondisi Terminal Bekasi, Arus Balik Natal 2023 Masih Landai [Suara.com/Mae Harsa]
Jelang Libur Tahun Baru 2024: Begini Kondisi Terminal Bekasi, Arus Balik Natal 2023 Masih Landai [Suara.com/Mae Harsa]

Bahkan kata Reni, harga tiket yang telah ia beli dua minggu sebelum keberangkatan pun sudah mengalami kenaikan 20 persen.

“Ya cuma naik 20 persen lah masih aman, jadi Rp525 ribu perorang,” ucapnya.

Meski begitu, kenaikan harga tersebut tak begitu menjadi masalah buat Reni. Lagipula menurutnya, berangkat pada H-7 lebaran merupakan waktu yang paling pas untuk mudik. Dengan begitu, dia merasa akan nyaman dan aman menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman.

Baca juga:

“Enaknya kalau berangkat sekarang sepi, ini masih tergolong sepi, nanti kalau sudah H-4 sudah enggak bisa ngomong dah, sudah mepet-mepet,” tuturnya.

“Tahun kemarin aku kan H-3, nyampenya kan satu hari lagi besoknya orang masak, Lebaran, aduh capek banget lelah, macet,” imbuhnya.

Reni pun mengaku persiapan mudik tahun ini telah ia siapkan dengan matang. Dia telah membawa buah tangan berupa baju baru untuk sanak keluarganya di kampung halaman.

“Oleh-olehnya cuma baju baru, buat ortu terus buat keponakan,” ujar Reni sambil berkelakar.

Selain Reni, pemudik tujuan Tasikmalaya, Jawa Barat, Rizki (26) juga mengatakan hal senada. Dia memilih pulang ke kampung halaman H-7 lebaran untuk menghindari lonjakan harga tiket bus.

“Biar gak macet di jalan, sama harganya juga gak mahal-mahal banget,” ujarnya.

Rizki menyebut, harga tiket ke Tasikmalaya hari ini telah mencapai Rp85 ribu. Menurutnya, harga tersebut masih tergolong normal.

“Kalau ke Tasik kan on the spot (beli langsung), sekarang masih Rp85 ribu, kalau nanti-nanti pasti naik,” ujarnya.

Kontributor : Mae Harsa

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini