Doa Setelah Sholat Malam Lailatul Qadar 'Allahumma Innaka Afuwwun Karimun' Lengkap, Minta Ampun dan Perlindungan Allah

Beriku doa yang bisa Anda panjatkan setelah sholat malam Lailatul Qadar.

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 02 April 2024 | 15:25 WIB
Doa Setelah Sholat Malam Lailatul Qadar 'Allahumma Innaka Afuwwun Karimun' Lengkap, Minta Ampun dan Perlindungan Allah
Ilustrasi doa setelah sholat malam Lailatul Qadar (Freepik)

Suara.com - Memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan, umat muslim mendapatkan kesempatan untuk menemui salah satu malam paling mulia, yaitu Lailatul Qadar. Salah satu cara terbaik untuk mengisi malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini tentu saja meningkatkan ibadah.

Supaya sholat malam Lailatul Qadar Anda semakin sempurna, akan lebih baik jika Anda melengkapinya dengan doa. Berikut ini bacaan doa setelah sholat malam Lailatul Qadar.

Doa setelah sholat malam Lailatul Qadar

Pada malam yang istimewa ini, Allah SWT akan memberikan ampunan dan ridho melimpah akan segala doa baik yang dipanjatkan pada-Nya. Memperbanyak doa merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar. 

Melansir dari laman NU Online, berikut adalah doa malam Lailatul Qadar berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ  تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka afuwwun karimun tuhibbul afwa fa’fu anni (annna jika dibaca berjamaah).

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau yang menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

Selain mohon ampun dan rahmat, bacaan doa di atas juga menunjukkan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh-Nya.

Istighfar di malam Lailatul Qadar

Sayyidul Istighfar merupakan bacaan yang tepat untuk memohon ampunan dosa-dosa yang telah lalu dan melindungi dari dosa di kemudian hari.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anna ‘abduka wa anna’alaa ‘ahdika wa wa’dika. Mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuuu u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanii faghfir li fa innahu laa yagfiudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tidak ada tuhan yang disembah selain Kau. Kau yang menciptakanku, aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung pada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Pada-Mu aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.” (HR Bukhari).

Doa mohon keteguhan Iman di malam Lailatul Qadar

Keteguhan iman merupakan hal penting bagi umat muslim. Sebab dengan inilah, kemantapan hati untuk beribadah bisa terjaga

وَقُلْ رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّاجْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا

Qa qur rabbi adkhilnii mudkhala shidqiw wa akhrijni mukhraja shidqiw waj’al li mil ladungka sulthanan nashira

Artinya: “Ya Tuhanku, masukanlah aku secara masuk yang benar, keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah padaku dari Sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.” (QS. Al-Isra: 80)

Itulah doa setelah sholat malam Lailatul Qadar yang dapat anda baca. Mari tingkatkan ibadah pada 10 malam terakhir bulan suci yaitu saat malam 21, 23, 25 dan 27 Ramadhan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI