Takbiran Idul Fitri 2024 Bacaan Versi Pendek dan Panjang, Tandai 1 Syawal 1445 Tiba

Apabila tidak ada perubaha, maka takbiran idul fitri 2024 akan terjadi pada malam hari tanggal 10 April 2024. Seperti apa lafal idul fitri 2024? Simak di sini.

Rifan Aditya Suara.Com
Jum'at, 05 April 2024 | 15:37 WIB
Takbiran Idul Fitri 2024 Bacaan Versi Pendek dan Panjang, Tandai 1 Syawal 1445 Tiba
Takbiran Idul Fitri 2024 Bacaan Versi Pendek dan Panjang, Tandai 1 Syawal 1445 Tiba (freepik)

Suara.com - Kalender hari libur nasional dan cuti bersama yang dirilis pemerintah menunjukkan Idul Fitri 1445 H akan tiba pada tanggal 10-11 April 2024. Oleh karenanya, menyiapkan diri untuk bisa melaksanakan takbiran Idul Fitri 2024 dari sejak sekarang merupakan hal yang dapat dilakukan umat Islam.

Apabila tidak ada perubaha, maka takbiran Idul Fitri 2024 akan terjadi pada malam hari tanggal 10 April 2024. Dimulai setelah matahari tenggelam dan berbuka puasa, orang-orang dapat melafalkan takbiran Idul Fitri 2024 dan juga membayar zakat di tempat yang ditunjuk di setiap desa. 

Adapun bacaan takbiran Idul Fitri 2024 sama dengan lafal takbiran Idul Fitri di tahun-tahun sebelumnya. Pada malam Idul Fitri, seluruh umat Islam disunnahkan untuk melantunkan takbiran dengan melafalkan bacaan takbir Idul Fitri. Di bawah ini bacaan takbir Idul Fitri.

Bacaan Takbir Idul Fitri Versi Pendek

Bacaan takbir Idul Fitri ada yang versi pendek dan panjang. Berikut bacaan yang versi pendek:

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ،

لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ

اللهُ أكْبَرُ وَ للهِ الحَمْدُ

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar
laa ilaaha illallahu wallaahu akbar
Allaahu akbar walillaahil hamd.

Artinya: Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.

Bacaan Takbir Idul Fitri Versi Panjang

Bacaan takbir Idul Fitri versi panjang berikut dilafalkan oleh Rasulullah saw di bukif Shafa dan diriwayatkan oleh Imam Muslim. 

 اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الِلّٰهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الاَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ 

Allahu akbar kabira, walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila, la ilaha illallahu wa la na'budu illa iyyahu mukhlishina lahud dana wa law karihal kafirun, la ilaha illallahu wahdah, shadaqa wa'dah, wa nashara 'abdah, wa hazamal ahzaba wahdah, la ilaha illallahu wallahu akbar.

Adapun takbir yang biasa dilafalkan masyarakat adalah yang versi pendek. Keduanya sama-sama baik dan meningkatkan suka cita menyambut hari raya Idul Fitri, sehingga tak masalah yang mana yang akan lebih banyak diucapkan.

Bacaan takbiran Idul Fitri versi panjang cukup sulit karena lebih banyak yang perlu dilafalkan, maka melafalkan versi pendeknya saja juga sudah mendatangkan pahala kepada pelafalnya. 

Takbir yang dianjurkan adalah yang berbunyi, 'Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar.' Ini (takbir 3 kali). Hal ini termaktub dalam Al-Maktabah At-Taufuqiyyah, Imam An-Nawawi, bahwasanya:

 صفة التكبير المستحبة الله اكبر الله اكبر الله اكبر هذا هو المشهور من نصوص الشافعي في الام والمختصر وغيرهما وبه قطع الاصحاب    

Artinya: "Sifat takbir yang dianjurkan, 'Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar.' Ini (takbir 3 kali) yang masyhur dari nash Imam As-Syafi’i dalam Kitab Al-Umm, Al-Mukhtashar, dan selain keduanya. Sifat ini yang dipegang ulama ashab," (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, [Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah: 2010 M], juz V, halaman 42).

Demikian itu takbiran Idul Fitri 2024. Mari kita perbanyak ibadah dan menyambut hari kemenangan dengan menyebut nama Allah Swt. Semoga iman dan takwa kita semakin kuat hingga mendatangkan kebahagiaan dunia dan akhirat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

RELIGI

TERKINI