Jangan Cuma Buat Beli Mainan, Begini Tips Orang Tua Kelola THR Lebaran Anak Dengan Efektif

Saat Hari Raya Idul Fitri, biasanya anak-anak akan mendapatkan amplop alias THR Lebaran. Bagaimana cara menggunakannya yang tepat?

Sabtu, 06 April 2024 | 07:15 WIB
Jangan Cuma Buat Beli Mainan, Begini Tips Orang Tua Kelola THR Lebaran Anak Dengan Efektif
Ilustrasi amplop lebaran, THR Anak. (Freepik/Freepik)

Suara.com - Saat Hari Raya Idul Fitri, biasanya anak-anak akan mendapatkan amplop alias THR Lebaran. Amplop Lebaran ini diberikan bagi orang-orang yang sudah dewasa kepada anak-anak sebagai perayaan melaksanakan puasa di sebulan penuh.

Tidak tanggung-tanggung THR yang didapatkan anak-anak ini bahkan bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal ini menambah uang simpanan anak untuk kebutuhannya.

Namun, biasanya saat mendapatkan THR, anak ingin membelikan berbagai barang maupun mainan sehingga uang tersebut habis sekejap mata. Padahal, dari uang THR Lebaran yang didapatkannya ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

THR untuk anak. (Freepik)
THR untuk anak. (Freepik)

Financial Planner sekaligus Founder Cerdas Keuangan, Erlina Juwita membagikan beberapa tips mengelola THR anak agar digunakan dengan efektif:

1. Ajarkan konsep uang

Hal utama yang paling penting dilakukan orang tua yakni ajarkan konsep uang. Terkadang, saat mendapat THR anak tidak begitu paham ketika dirinya mendapat uang. Dalam hal ini, orang tua bisa menjelaskan konsep uang kepada anak-anaknya.

“Selalu ajarkan anak mengenai konsep uang itu apa. Anak yang sudah berusia empat tahun ke atas, umumnya sudah mampu untuk diajari tentang konsep uang. Orang tua bisa memulai dengan mengajarkan empat hal seperti pendapatan, pengeluaran, menabung, dan berbagi,” jelas Erlina saat dihubungi Suara.com, Jumat (5/4/2024).

2. Ajari menabung

Agar THR tidak terbuang sia-sia, orang tua dapat mengajarkan anak menabung. Dalam hal ini, ajarkan anak THR yang didapatnya bisa disimpan. Orang tua dapat membukakan rekening khusus untuk anak sehingga uang THR yang didapatkan sebagian bisa disimpan untuk kepentingannya,

“Silahkan orang tua membukakan tabungan untuk anak-anaknya, sehingga pelan-pelan bisa ngajarin konsep nabung kayak gimana. Setiap anak dapat THR, simpan uangnya ke rekening pribadi anak. Setelah terkumpul, orangtua bisa memanfaatkannya untuk biaya pendidikan atau kebutuhan mendesak misalnya,” sambungnya.

3. Kenalkan jenis investasi

Meski usia anak masih muda, orang tua bisa mengenalkan anak dengan jenis-jenis investasi. Hal ini akan membuat anak menjadi terbiasa. Orang tua bisa menyesuaikan investasi anak sesuai dengan jumlah uang yang dimilikinya. Dengan begitu, uang yang didapat anak akan terus berputar untuk kebutuhannya. Hal ini membuat THR yang didapat saat Lebaran tidak habis begitu saja.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI