Pelabuhan Pelindo Dumai Mulai Dipadati Pemudik asal Batam

Sedangkan untuk rute internasional dari Malaysia sejauh ini masih normal dan hanya mengalami peningkatan tipis.

Eko Faizin
Senin, 08 April 2024 | 20:45 WIB
Pelabuhan Pelindo Dumai Mulai Dipadati Pemudik asal Batam
Fast Ferry Indomal dari Pelabuhan Antarbangsa Melaka tiba di pelabuhan internasional Dumai, Jumat (6/5/2022). [Dok Dinas Pariwisata Riau]

SuaraRiau.id - Terminal Penumpang Laut Pelindo Dumai mulai dipadati pemudik dari Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri) menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Kepala Transportasi Pelabuhan Dumai Jailani menyampaikan pada Jumat (5/4/2024) sudah mulai terjadi peningkatan dan ditambah dua armada. 

Hari berikutnya, perusahaan kapal fery penumpang PT Indomal Lestari Bahari menambah tiga kapal lagi sehingga total ada enam armada Kapal Dumai Line.

"Untuk penumpang datang mulai meningkat sejak Jumat kemarin dengan penambahan kapal fery jadi tiga armada. Sedangkan pada Minggu (7/4/2024), kami operasionalkan enam kapal karena arus mudik Lebaran terus mengalami lonjakan," ujar Jailani. 

Pertambahan jumlah penumpang di pelabuhan Dumai dalam arus mudik Lebaran 2024 ini didominasi pemudik turun di pelabuhan rute domestik. Sedangkan untuk rute internasional dari Malaysia sejauh ini masih normal dan hanya mengalami peningkatan tipis. 

Sementara itu, Koordinator Terminal Pelindo Dumai Akadafi mengatakan untuk menghadapi lonjakan penumpang dalam arus mudik lebaran ini sudah dipersiapkan sebaik mungkin bersama lintas sektoral terkait, yaitu TNI AL, Polri, Kesehatan Pelabuhan, Pelindo, Imigrasi, Bea Cukai, Basarnas dan pihak lainnya.

"Kami sudah siap melayani arus lalu lintas warga yang mudik lewat pelabuhan penumpang. Aktivitas kapal fery melayani penumpang mulai meningkat dan untuk puncak arus mudik kita prediksi mulai hari minggu besok," sebut Akadafi.

Pantauan, dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri 1445 H ini, Pelindo Dumai mengoperasikan 1 tambahan ponton di dermaga pelabuhan laut. Hal itu untuk memudahkan arus kedatangan dan keberangkatan kapal fery penumpang.

Diketahui, Polres Dumai juga sudah membentuk posko terpadu di Pelabuhan Penumpang Laut Dumai. Polres Dumai mendirikan dua pos pengamanan dan 3 pos pelayanan selama kegiatan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024. (Antara)

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini