3 Tips Lebaran Nyaman Tanpa PRT: Jangan Lupa Bagi Tugas Pekerjaan Rumah

Jelang hari Lebaran, tidak sedikit rumah tangga yang ditinggal pekerja rumah tangga (PRT) untuk mudik ke kampung halaman.

M. Reza Sulaiman Suara.Com
Selasa, 09 April 2024 | 10:16 WIB
3 Tips Lebaran Nyaman Tanpa PRT: Jangan Lupa Bagi Tugas Pekerjaan Rumah
Ilustrasi keluarga yang sedang melakukan pekerjaan rumah tangga. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Jelang hari Lebaran, tidak sedikit rumah tangga yang ditinggal pekerja rumah tangga (PRT) untuk mudik ke kampung halaman. Bagi beberapa orang, merayakan Hari Raya Idul Fitri tanpa PRT bisa jadi tantangan tersendiri loh.

Harapan untuk menjaga rumah tetap bersih, menyiapkan makanan dalam jumlah besar, dan menjamu tamu bisa sangat merepotkan. Padahal tanpa PRT, bisa loh mengurus pekerjaan rumah tangga. Yuk simak tips dari Astro berikut ini:

Meal Prep Sederhana untuk Seminggu

Meal prep, atau persiapan makanan, melibatkan proses menyiapkan bahan makanan mentah untuk berbagai hidangan sekaligus. Teknik ini tidak hanya menghemat waktu memasak, tetapi juga efisien dalam mengatur pengeluaran rumah tangga terkait makanan.

Ilustrasi bekal untuk meal prep (unsplash.com/Ello)
Ilustrasi bekal untuk meal prep (unsplash.com/Ello)

Menyiapkan makanan merupakan strategi yang efektif untuk menjalani hari-hari terakhir di bulan Ramadan tanpa repot. Kumpulkan resep sederhana secara online atau gunakan bumbu siap pakai untuk kenyamanan.

Selain itu, mempersiapkan pilihan makanan siap saji untuk anak-anak juga bisa menjadi solusi praktis. Misalnya, membuat pasta untuk makan malam. Ini dapat mengurangi beban memasak bagi ibu rumah tangga. Selain itu, memanfaatkan layanan penyedia makanan seperti Astro, yang siap memenuhi kebutuhan makanan segar dan siap saji, juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Membagi Tugas Pekerjaan Rumah

Membagi tugas pekerjaan rumah antara ibu, ayah, dan anak-anak dapat meringankan beban kerja secara signifikan. Melibatkan seluruh anggota keluarga dalam to-do list rumah tangga dapat mempermudah pekerjaan dan meringankan beban kerja. Setiap anggota keluarga bisa fokus pada tugas tertentu dan melaksanakannya dengan lebih efisien.

Ini juga merupakan kesempatan untuk mengajarkan nilai tanggung jawab kepada anak-anak. Pembagian tugas ini mengembangkan sikap bertanggung jawab yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Ilustrasi quality time bersama keluarga. (freepik.com)
Ilustrasi quality time bersama keluarga. (freepik.com)

Maksimalkan Momen Quality Time

Kepulangan pekerja rumah tangga menjadi momen untuk meningkatkan kualitas waktu bersama keluarga di rumah. Manfaatkan hari libur Lebaran untuk mempererat hubungan bersama anak-anak. Nikmati momen hangat di rumah dengan menonton film bersama, bermain game, atau memasak bersama.

Jika tidak sempat memasak, layanan seperti Astro Kitchen dari aplikasi Astro hadir 24 jam selama bulan Ramadan dengan berbagai pilihan menu yang memanjakan lidah. Dengan menu-menu pilihan yang variatif, lezat, dan sehat, seluruh anggota keluarga dapat menikmati hidangan yang memuaskan.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI