LIVE STREAMING: Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri 2024

Perlu dicatat bahwa persamaan dalam penetapan awal bulan Syawal ini berbeda dengan kondisi penentuan awal Ramadan 1445 H.

Rinaldi Aban Suara.Com
Selasa, 09 April 2024 | 18:43 WIB
Ilustrasi kapan sidang isbat Idul Fitri. (Suara.com/Alfian Winanto)

Suara.com - Hari Raya Idul Fitri 2024 sudah di depan mata. Di mana perayaan Idul Fitri atau lebaran yang jatuh pada tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah dalam kalender Islam.

Penetapan tanggal 1 Syawal sendiri biasanya berbeda antara pemerintah dengan organisasi Islam di Indonesia. Hal ini karena masing-masing lembaga menggunakan metode berbeda dalam penentuan awal bulan Syawal.

Untuk pemerintah, penetapan 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri terlebih dahulu digelar sidang Isbat. Mengutip laman Kementerian Agama (Kemenag) RI, sidang isbat penentuan 1 Syawal akan digelar pada 29 Ramadhan. Artinya, dalam kalender Masehi sidang isbat akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2024 atau hari ini.

Perlu dicatat bahwa persamaan dalam penetapan awal bulan Syawal ini berbeda dengan kondisi penentuan awal Ramadan 1445 H. Saat itu, Muhammadiyah lebih dulu menetapkan bulan puasa jatuh pada 11 Maret, sementara Pemerintah-PBNU memutuskan 12 Maret. Selengkapnya, tonton Live Streamingnya di atas.

Sumber: Youtube Kementerian Agama RI

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

VIDEO

TERKINI