Jadwal Diskon Tarif Tol Arus Balik Mudik Lebaran 2024, Ongkos Semarang-Jakarta Lebih Murah di Tanggal Ini

Berapa tarif diskon jalan tol arus balik mudik lebaran dan kapan itu diberlakukan? Cek jadwal pemberlakuan diskon di sini.

Rifan Aditya Suara.Com
Kamis, 11 April 2024 | 09:18 WIB
Jadwal Diskon Tarif Tol Arus Balik Mudik Lebaran 2024, Ongkos Semarang-Jakarta Lebih Murah di Tanggal Ini
Ilustrasi arus balik jalan tol (David Mark/Pixabay ) - jadwal diskon tarif tol arus mudik lebaran 2024

Suara.com - Marketing and Communication Departement Head Jasa Marga menjelaskan jadwal diskon tarif tol arus balik mudik lebaran 2024 diberlakukan pada 17-19 April 2024. Rinciannya dapat disimak di bawah ini.

Diskon tarif tol arus balik mudik lebaran 2024 diberlakukan oleh Jasa Marga dan Badan Usaha Jalan Tol lainnya yakni PT. Astra Internasional Tbk (ASII) di sejumlah ruas tol Transjawa.

Pemberlakuan dijadwalkan tepatnya tanggal 17 April 2024 mulai Pukul 05.00 Wib sampai dengan 19 April di jam yang sama. Adapun besaran diskon tarif tol pada arus balik mudik lebaran 2024 sama dengan diskon di tahun sebelumnya yakni 20 dan 10 persen. 

Namun, potongan tarif tol diberlakukan hanya untuk perjalanan dari Semarang menuju Jakarta dan bagi yang melakukan tapping di Gerbang Tol Kalikangkung serta melakukan tapping out di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama). 

Tarif diskon jalan tol ada dua jenis, diberikan sebanyak 20 persen dan 10 persen. Rinciannya di bawah ini. 

1. Jadwal dan rute diskon tarif tol 20 persen 

Jadwal dan rute diskon tarif tol 20 persen selama arus balik tanggal 17-19 April 2024 diberlakukan mulai Pukul 05.00 WIB untuk Rute kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Selain itu tarif jalan tol 20 persen yang dikelola oleh Jasa Marga grup antara lain:

  • Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan jalan layang MBZ
  • Jalan tol Palimanan-Kanci 
  • Jalan tol Batang-Semarang
  • Jalan tol Semarang Seksi ABC 

Tarif diskon berlaku untuk semua jenis kendaraan yang melalui GT Kalikangkung jalan tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat arus balik. 

2. Tarif diskon 10 persen

Tarif diskon jalan tol sebanyak 10 persen saat arus balik diberlakukan tanggal 17-18 April 2024 pada Pukul 00.00-24.00 Wib. Diskon sebanyak 10 persen ini diberlakukan untuk rute Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto. 

Jadwal diskon tarif tol arus balik mudik lebaran 2024 diberlakukan dalam rangka mengantisipasi arus balik lebaran 2024. 

Berdasarkan survey Kemenhub, puncak arus balik kemungkinan akan terjadi pada 14 April 2024. Pada saat itu akan ada sebanyak 71,7 persen warga atau sebanyak 193 juta orang akan kembali ke kota perantauan setelah mudik lebaran.

Dikutip dari akun instagram official Jasa Marga, lembaga tersebut menginformasikan puncak arus balik akan terjadi di empat Gerbang Tol Utama yaitu Gerbang Tol Cikampek Utama, Gerbang Tol Kalihurip, Gerbang Tong Ciawi, dan Gerbang Tol Cikupa. 

Demikian itu informasi jadwal diskon tarif tol arus mudik lebaran 2024. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI