Menteri PUPR : Penanaman Pohon Mampu Tingkatkan Kualitas Infrastruktur

Penanaman pohon di sepanjang jalan tol berdampak baik untuk menguatkan tanah.

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:36 WIB
Menteri PUPR : Penanaman Pohon Mampu Tingkatkan Kualitas Infrastruktur
160 Pohon Bungur di Simpang Susun Cigombong, Jalan Tol Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Selasa (26/3/2019) (Dok: PUPR).

Suara.com - Penanaman pohon akan meningkatkan kualitas infrastruktur, bukan hanya sekadar objek fisik, tapi bisa menjadi tempat wisata dan pusat pengembangan sosial ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Hal ini dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

KemenPUPR sendiri, setiap tahun telah secara aktif melakukan penghijauan dengan menanam pohon di berbagai proyek infrastruktur bidang PUPR. Sebagai bagian dari peringatan Hari Air Dunia (HAD) 2019, kementerian ini menanam 160 pohon bungur, di Simpang Susun Cigombong, Jalan Tol Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi), Selasa (26/3/2019).

Penanaman pohon dipimpin oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) KemenPUPR, Ibu Kartika Basuki.

"Penanaman pohon di jalan tol, selain bertujuan untuk memperindah lingkungan dan lansekap kawasan, juga bertujuan untuk meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis, yang bisa dinikmati oleh semua masyarakat. Saya titipkan pohon yang ditanam kepada pengelola Jalan Tol Bocimi untuk dirawat dan terus ditambah penanaman pohon di area-area kosong lainnya," kata Kartika.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, penanaman pohon di sepanjang jalan tol berdampak baik untuk menguatkan tanah dan menahan air supaya tidak melimpas.

"Di beberapa tempat, penanaman pohon ini kita harapkan mampu menjaga stabilitas lereng," ujarnya.

Menurut Danang, penghijauan juga dapat meningkatkan kualitas visual di jalan tol bagi para pengguna yang berkaitan dengan penurunan angka kecelakaan.

"Ada data yang menyimpulkan bahwa jalan tol, yang secara visual kondisinya bagus, risiko kecelakaannya juga semakin rendah," tuturnya.

Danang berharap, seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai pengelola dapat menjadikan penanaman pohon di sepanjang jalan tol sebagai gerakan yang masif.

"Badan usaha juga bisa mengajak masyarakat sekitar untuk melakukan gerakan ini secara bersama-sama, sehingga dalam waktu sekitar dua tahun, sepanjang jalan tol memiliki visual yang bagus untuk mengurangi risiko kecelakaan dan membantu ketersediaan air di dalam tanah," ujarnya.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI