Pemerintah Berkomitmen Terus Sediakan Rumah Layak bagi Masyarakat

Pada 2019, ditargetkan pembangunan 137 tower atau 6.873 unit.

Kamis, 28 Maret 2019 | 13:11 WIB
Pemerintah Berkomitmen Terus Sediakan Rumah Layak bagi Masyarakat
PUPR Selesaikan Rusun Peneliti LIPI di Cibinong. (Dok : PUPR).

Suara.com - Pembangunan rumah susun (rusun), di samping untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), juga diperuntukkan bagi para mahasiswa, pelajar, santri, dan pekerja, termasuk para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI atau Polri. Hal ini merupakan bentuk perhatian, keseriusan, dan komitmen pemerintah dalam penyediaan rumah layak huni bagi mereka.

Hal ini dikemukakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) kini terus meningkatkan ketersediaan hunian layak melalui pembangunan hunian vertikal atau rusun. Pada 2015 - 2018, telah dibangun 728 tower dengan total 44.893 unit.

Pada 2019, ditargetkan 137 tower atau 6.873 unit, sehingga total yang terbangun pada 2015 - 2019 adalah 865 tower atau 51.766 unit.

Adapun pembangunan rusun bagi ASN, TNI, dan Polri, dilakukan karena banyak yang belum memiliki hunian layak atau bertugas di kawasan perbatasan. Ketersediaan hunian akan turut mendukung ASN, TNI dan Polri dalam melaksanakan tugasnya, memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu rusun yang telah selesai dibangun pada 2018 untuk tempat tinggal ASN adalah Rusun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bogor. Rusun yang berlokasi di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat tersebut diperuntukkan bagi para pegawai dan peneliti LIPI yang bertugas di Kebun Raya Cibinong dan sekitarnya.

Rusun tersebut dibangun setinggi empat lantai, sebanyak 58 unit, dengan kamar tipe 36. Anggaran untuk pembangunan rusun berasal dari dana APBN sebesar Rp 16,8 miliar. Pembangunan Rusun LIPI Bogor dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 oleh kontraktor PT Wijaya Karya Bangunan Gedung.

Rusun ini dilengkapi dengan jalan lingkungan, drainase, dan setiap unitnya tersedia meubelair, yakni lemari, tempat tidur, meja, kursi, dapur dan toilet.

Penghijauan Rusun LIPI
Untuk menambah kenyamanan penghuni rusun, KemenPUPR menanam 120 pohon di Rusun LIPI Bogor. Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari peringatan Hari Air Dunia 2019, sekaligus bagian dari upaya mitigasi bencana dan konservasi lahan dan air.

"Penanaman pohon juga akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau untuk menjaga keseimbangan tatanan air, sekaligus mengajak masyarakat untuk aktif menanam dan merawat pohon," ujar Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) KemenPUPR, Ibu Kartika Basuki.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI