DPR Apresiasi Pembangunan Rusunawa Institut Ilmu Al-Quran di Banten

Setiap unit diperkirakan dapat menampung 250 mahasiswi.

Kamis, 19 November 2020 | 17:19 WIB
DPR Apresiasi Pembangunan Rusunawa Institut Ilmu Al-Quran di Banten
Tinjauan Komisi V DPR ke Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) di Tangerang, Banten. (Dok : PUPR)

Suara.com - Komisi V DPR RI mengapresiasi pembangunan rusunawa untuk para santriwati di Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) di Tangerang, Banten, yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Fasilitas ini sudah bisa ditempati ratusan mahasiswi.

"Kami (Komisi V DPR) sudah melihat hasil pembangunan rusunawa di Institut Ilmu Al Qur'an dan hasilnya memang baik, bisa dimanfaatkan oleh para santri di sana," ujar Ketua Tim Fraksi Golongan Karya Komisi V, Ir Ridwan Bae, saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke lokasi, Banten, Kamis (19/11/2020).

Menurutnya, kunjungan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana bantuan pemerintah dimanfaatkan dan dirawat oleh penerima bantuan. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Dirjen Perumahan, Khalawi Abdul Hamid, yang telah membangun rumah susun dengan desain dan fasilitas yang baik.

"Ide pembangunan rusun untuk para santri yang menuntut ilmu Al Qur'an di sini sangat mendukung generasi muda untuk belajar tinggal di hunian vertikal. Semua fasilitas sangat baik dan memiliki furnitur yang berkualitas, dan layak huni. Rusun ini bisa menjadi role model dan dapat dibangun di tempat lain juga," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan IIQ, Ir. H Rully Chaerul Azwar menyampaikan, para mahasiswi merasa senang dan bangga, karena sekarang sudah dapat tinggal di rusunawa.

"Kami harap, mahasiswi yang tinggal di sini bisa lebih bersemangat dalam belajar Ilmu al Qur'an," harapnya.

Di tempat terpisah, Plt Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan, Maryoko Hadi menerangkan, berdasarkan data, Rusunawa IIQ dibangun oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, Balai Penyediaan Perumahan Jawa 1 Kementerian PUPR pada 2019.

Rusunawa Mahasiswi IIQ tersebut dibangun di Jalan Ir H Juanda, Kelurahan Pasangan, Kecamatan Tangerang Selatan, Provinsi Banten, dalam bentuk  64 hunian dan 2 unit bagi mahasiswi disabilitas, dengan tipe 24 meter persegi.

Agar mahasiswa tinggal dan belajar dengan nyaman di rusunawa, PUPR telah melengkapi setiap unit kamar dengan meubelair, seperti tempat tidur, meja belajar dan lemari pakaian. Setiap unit diperkirakan dapat menampung 250 mahasiswi.

"Total biaya pembangunan sekitar Rp 17,4 miliar, dan semua unit telah dilengkapi furnitur seperti tempat tidur, lemari pakaian dan meja kursi belajar," katanya.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI