Wujudkan Suksesnya Program Bedah Rumah, Ini Ujung Tombak Kementerian PUPR

TFL merupakan ujung tombak dari pelaksanaan Program BSPS di lapangan.

Rabu, 16 Desember 2020 | 10:34 WIB
Wujudkan Suksesnya Program Bedah Rumah, Ini Ujung Tombak Kementerian PUPR
Pembangunan rumah masyarakat. (Dok : PUPR)

Suara.com - Dalam pengerjaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dibantu para Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL). Mereka diharapkan bisa mendampingi masyarakat penerima bantuan BSPS, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan, serta pendampingan dalam membangun hunian yang layak huni.

"Kami menerjunkan Tenaga Fasilitator Lapangan untuk mendampingi masyarakat dalam pelaksanaan Program BSPS atau bedah rumah. Masyarakat bisa melakukan konsultasi ataupun bertanya pada TFL tentang proses pelaksanaan Program BSPS," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, saat memberikan sambutan pada acara Penghargaan Koordinator Fasilitator (Korfas) dan TFL Berkinerja Terbaik dan Pemenang Lomba Foto dan Video Program BSPS Tahun 2020 di Tangerang, Banten, Selasa (15/12/2020).

Para Tenaga Fasilitator Lapangan. (Dok : PUPR)
Para Tenaga Fasilitator Lapangan. (Dok : PUPR)

Ia menambahkan, pada dasarnya, TFL merupakan ujung tombak dari pelaksanaan Program BSPS di lapangan. Mereka bertugas melalui pendampingan dan membentuk kelompok masyarakat penerima bantuan, agar bisa berswadaya secara berkelompok melaksanakan pembangunan rumah yang layak huni.

"Tahun depan, kami pastikan Program BSPS akan dilanjutkan karena memang sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan program ini, kami harap masyarakat bisa meningkatkan kualitas rumahnya menjadi lebih layak huni," katanya.

Kementerian PUPR, imbuh Khalawi, berharap, para TFL bisa berkinerja dengan baik karena mereka melayani masyarakat kurang mampu agar bisa membangun rumahnya. Namun demikian, pihaknya juga tidak akan segan mencopot TFL apabila mereka melakukan pelanggaran hukum, jika terbukti menyalahgunakan ataupun bermain dengan memotong anggaran bantuan yang telah disediakan pemerintah.

"Jika ada laporan TFL bermasalah, akan kami langsung copot. Jadi tolong bekerja baik dan jika ada kendala di lapangan tolong disampaikan ke pusat," harapnya.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR memiliki Program BSPS sebagai salah satu bagian dari Program Sejuta Rumah. Program ini menyalurkan bantuan pembangunan rumah untuk peningkatan kualitas rumah sebesar Rp 17,5 juta kepada masyarakat penerima bantuan.

Bantuan tersebut disalurkan PUPR melalui bank penyalur dana Program BSPS, yang kemudian disalurkan kepada masyarakat. Jumlah bantuan untuk peningkatan kualitas rumah adalah Rp 15 juta dalam bentuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

Masyarakat penerima bantuan, nantinya didampingi TFL, yang akan membentuk kelompok bersama untuk melaksanakan pembangunan dan menunjuk toko banguna bersama sebagai pemasok bahan bangunan.

"Kami mengucapkan terima kasih, karena berkat kinerja teman-teman TFL, program ini bisa selesai pada akhir tahun. Kami berharap ke depan, TFL bisa lebih berinovasi dengan mengajak masyarakat dalam mendesain rumah dan menambah penghijauan di lahan rumah masyarakat," katanya.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI