Gencar Bangun Rusunawa, PUPR Ingin Masyarakat Miliki Hunian yang Layak

Prosesi serah terima dilaksanakan pada pertengahan Desember 2020.

Senin, 28 Desember 2020 | 13:57 WIB
Gencar Bangun Rusunawa, PUPR Ingin Masyarakat Miliki Hunian yang Layak
Rusunawa MBR Kota Gorontalo. (Dok : PUPR)

Suara.com - Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pembangunan rusunawa yang kini tengah digencarkan di Gorontalo bertujuan untuk  menyediakan  hunian layak bagi masyarakat. Hunian ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Kami siap berkoordinasi dengan pemerintah daerah, jika ingin memanfaatkan rusunawa yang telah selesai dibangun oleh Kementerian PUPR. Masyarakat sangat membutuhkan hunian layak dan rusunawa di perkotaan adalah salah satu pilihan tempat tinggal yang layak,” ujarnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Khalawi menambahkan, PUPR telah membangun banyak rusunawa untuk MBR di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kota Gorontalo. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan hunian masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan.

Sementara itu, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Alwi Mahdali menjelaskan, Rusunawa MBR Kota Gorontalo dibangun oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan dan telah direvitalisasi sehingga telah memiliki fasilitas yang baik. Saat ini, rusunawa yang berlokasi di Jalan Uskap, Kelurahan Buliide, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo tersebut juga telah dihuni oleh masyarakat

Alwi menambahkan, pihaknya juga telah melaksanakan Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan terhadap Rusunawa MBR Kota Gorontalo kepada Pemerintah Kota Gorontalo sebagai penerima manfaat. Prosesi serah terima dilaksanakan pada pertengahan Desember 2020, dan ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan antara Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo dengan Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Gorontalo sebagai Wakil Pemerintah Kota Gorontalo.

Serah terima Rusunawa MBR Kota Gorontalo. (Dok : PUPR)
Serah terima Rusunawa MBR Kota Gorontalo. (Dok : PUPR)

“Rusunawa MBR Kota Gorontalo memiliki 90 unit setinggi empat lantai. Kami juga telah melengkapi setiap unit dengan meubulair berupa tempat tidur, meja kursi lemari serta ruangan mushala dan mini market. Kami harapm masyarakat bisa tinggal dengan nyaman di rusunawa ini dengan biaya sewa yang terjangkau,” katanya.

Sebagai informasi, pada tahun 2020 ini, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo telah melaksanakan revitalisasi Rusunawa MBR Kota Gorontalo dengan anggaran sebesar Rp 1,74 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk melaksanakan kegiatan perawatan dan perbaikan pekerjaan arsitektur, mekanikal dan elektrikal serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan di setiap lantai dan bagian luar Rusunawa juga telah dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV.

“Kami harap, Pemkot Gorontalo bisa segera membentuk tim pengelola Rusunawa yang baik untuk mengkoordinir penghuni. Kami juga meminta kepada penghuni rusunawa untuk dapat tinggal dan menjaga fasilitas-fasilitas yang ada dengan baik dan dapat berfungsi maksimal dalam jangka waktu yang lama,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid mengatakan, saat ini dengan jumlah penduduk di Kota Gorontalo tergolong tinggi sehingga membutuhkan program perumahan layak huni bagi masyarakat khususnya bagi kalangan MBR. Hal itu dikarenakan mereka memiliki keterbatasan kemampuan untuk membeli rumah layak.

“Pemkot Gorontalo mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah mengupayakan bantuan Pembangunan Rusunawa bagi masyarakat. Selain itu dengan tinggal di Rusunawa ini masyarakat yang dulu tinggal di kawasan kumuh kini bisa menempati hunian yang nyaman, sehat dan layak huni,” katanya.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI